On This Day 1909, Lahirnya Klub Non-diskriminatif Bernama SC Internacional

Backpass

by redaksi

On This Day 1909, Lahirnya Klub Non-diskriminatif Bernama SC Internacional

Tepat di hari ini, 105 tahun yang lalu, Henrique bersaudara berhasil membindani lahirnya salah satu klub kenamaan Brazil, SC Internacional.

Pada tahun 1901,  Henrique bersaudara, Jose Luis dan Poppe, pindah dari Sao Paulo ke Porto Alegre. Di tempat tinggalnya yang baru itu, mereka kesulitan untuk mendapatkan wadah bermain bola. Kala itu di Porto Alegre hanya ada dua klub sepakbola, Fussball dan Grêmio Porto Alegrense. Kesemuanya milik orang Jerman, dan diperuntukkan untuk keturunan Jerman.

Merasa jengah dengan kondisi persepakbolaan kotany tersebut, Poppe dan saudaranya mulai mencari teman. Mengumpulkan para mahasiswa di kota itu, dan mengajak mereka mendirikan sebuah klub yang baru. klub yang diperuntukkan masyarakat luas. Tak perduli warna kulit, ras, ataupun orang itu berasal. Maklum, jaman dulu klub-klub Brazil selalu identik dengan kelompok etnis ataupun imigran yang ada di Brazil.  São Paulo Palestra Italia untuk orang Italia dan keturunannya, misalnya. Atau  Vasco da Gama, klub yang di peruntukkan untuk para imigran Portugis.

Dan pada 4 April 1909, sejarah SC Internacional di mulai. Poppe dan Jose Luis mengumpulkan rekan-rekannya, mereka berdiskusi dan mulai mengusulkan nama untuk klub sepakbola mereka. Setelah melewati diskusi panjang, 40 orang menyepakati menggunakan nama SC Internacional.  Nama ini dipilih untuk mengidentifikasikan sebuah klub yang menerima siapa saja yang ingin bermain bola. Tak perduli asal-usul, ras, ataupun strata sosial.

Ya, feliz aniversário SC Internacional. Salah satu klub non-diskriminatif dan demokratis di Brazil.

(mul)

Komentar