Salvador Reyes: Pemain Sepakbola Tertua di Dunia

Cerita

by redaksi

Salvador Reyes: Pemain Sepakbola Tertua di Dunia

Namanya Salvador Reyes Monteon. Mungkin tak banyak orang yang mengenalnya, namanya kalah tenar dengan legenda-legenda Eropa macam Johan Cruyff atau Franz Beckenbauer.  Tapi, publik Mexico tak pernah melupakan legendanya yang satu ini.

Reyes adalah seorang legenda sepakbola Mexico. Ia berhasil mengantarkan Mexico ke putaran final Piala Dunia 1958, 1962, dan 1966. Selama berkari di Chivas Guadalaraja dari tahun 1953-1967, ia berhasil mencetak 122 gol dan mengantarkan Chivas Guadalaraja menjuarai Liga Mexico tujuh kali.

Setelah gantung sepatu, ia masih saja mengabdikan diri pada klub kebanggannya. Ia bekerja sebagai staff pelatih dan juga pemandu bakat untuk Chivas Guadalaraja.

Karena pengabdiannya inilah, pada tahun 2008 Chivas Guadalaraja memberikan penghargaan kepada sang legenda. Ia diberikan kesempatan melakukan tendangan pertama dan juga bermain dalam pertandingan antara Chivas melawan Pumas pada 19 Januari 2008.

Ya, meskipun Reyes tak dapat mencetak gol pada pertandingan tersebut, namun ia menjadi pemain tertua dalam sejarah sepakbola. Sebab, saat mengenakan jersey Chivas pada 19 January 2008, Reyes sudah berusia 71 tahun.


(mul)

Komentar