Karl Power: "Hoaxer" yang Dicintai Publik Sepakbola Inggris

Cerita

by redaksi

Karl Power:

Dunia sepakbola sempat dibuat geger saat gelaran perempat final Liga Champions tahun 2001 silam. Kala itu Bayern Munich menjamu Manchester United di Olympia Stadium Munich. Namun siapa sangka saat kedua tim hendak melakukan kick off dan berpose foto bersama di depan wartawan, ada sesuatu yang janggal dalam skuat Manchester United. Eits, ternyata pemain United berjumlah 12 orang!

Ternyata eh ternyata, Ketika United hendak melakukan prosesi foto pra-pertandingan, tiba-tiba seseorang pria berkepala botak berjalan dari arah bangku penonton, tiba-tiba saja, dia berdiri di samping Andy Cole dan berpose layaknya pesepakbola pro. Para pemain United tidak menyadari hal itu kecuali Gary Neville yang beberapa kali menunjuk ke arahnya. Saat masuk ke lapangan, pria ini memang memakai kostum yang sama persis seperti pemain United, mulai dari sepatu bola, kaus kaki hingga jersey.

Nama pria tersebut adalah Karl Power. Lantas bagaimana caranya ia bisa masuk ke lapangan?

Power sebetulnya telah menyiapkan aksinya itu secara matang. Ketika pertandingan menghadapi Barcelona di Spanyol, ia dengan mudah masuk ke lapangan. Maka, cara yang sama akan digunakan ketika pertandingan menghadapi Munchen.

Power datang bersama kru tv sehingga para penjaga mempersilakannya masuk. Ia lantas menunggu di lintasan lari untuk menunggu para pemain masuk ke dalam lapangan. Ketika sesi foto dilaksanakan, Power pun berbaris bersama para pemain United lainnya. Ia sempat dihentikan Gary Neville. Tapi aksinya tersebut sudah diabadikan oleh fotografer dan dinobatkan oleh Bleacher Report sebagai “The Ultimate Sporting Prankster”.

Akibat ulahnya yang kelewat jahil tersebut, membuat Power dilarang masuk Old Traffold seumur hidupnya. Hukuman ini diberikan setelah ulahnya yang mengacaukan pertandingan United melawan Liverpool di Old Traffor, April 2003.  Aksi itu tak dilakukan dengan sendirian, kala itu Power bersama sembilan rekannya masuk ke lapangan dan berpura-pura menjadi pemain United. Mereka seolah-olah melakukan pose pada sesi pemotretan pra-pertandingan.

Polisi akhirnya menangkap mereka karena dianggap melampaui batas. Lewat juru bicaranya, pihak Manchester United akhirnya melarang mereka, terutama Power, untuk hadir di Old Traffold sepanjang hidupnya. Ulah Power yang tergolong unik sempat membuat BBC mendokumentasikan kejahilannya dalam film dokumenter berdurasi satu jam dengan judul "Britain Favorite Hoaxer".

Ya begitulah Power, kejahilannya itu membuat publik mencintainya. Setidaknya ditengah hirup pikuk olahraga yang kini dibuat seserius mungkin, ulah iseng Power adalah penawarnya.

[video id="zRDs4JgtQAQ" site="youtube"][/video]

[fva]

Komentar