[On This Day] 1988, Ray Clemence Pensiun

Backpass

by redaksi

[On This Day] 1988, Ray Clemence Pensiun

Ray Clemence, kiper tim nasional Inggris dan Liverpool mengakhiri karirnya pada hari ini tahun 1988. Ray Clemence adalah kiper andalan Liverpool dan tim nasional Inggris pada masanya. 61 pertandingan dijalaninya bersama tim nasional Inggris dari tahun 1972-1984.

Di Liverpool, catatan prestasi Clemence juga tidak sembarangan. Bermain pada masa kejayaan Liverpool, Clemence berhasil menyumbangkan 5 gelar juara Liga Inggris, 3 gelar juara Liga Champions, 1 Piala FA, 1 Piala Liga, dan 2 Piala UEFA. Semua gelar tersebut didapatnya dalam 14 tahun bersama Liverpool dari tahun 1967-1981. Clemence mencatatkan 665 pertandingan bersama Liverpool, sebelum akhirnya posisi Clemence mulai digeser oleh Bruce Grobbelaar. Hal ini yang kemudian menyebabkan memilih untuk pindah ke Tottenham.

Pada musim pertamanya bersama Tottenham, Clemence harus berhadapan dengan Liverpool pada pertandingan final Piala Liga. Clemence kemudian harus mengakui keunggulan 3-1 mantan timnya tersebut. Clemence bermain di Spurs selama 7 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun.

Setelah pensiun Clemence melanjutkan karirnya sebagai pelatih kiper Tottenham. Kemudian Glenn Hoddle juga memasukkan Clemence menjadi salah satu staf pelatih tim nasional Inggris. Clemence juga menjadi salah satu pemain sepakbola yang mendapatkan gelar MBE, yaitu gelar kehormatan dari ratu Inggris.

Membandingkan tim nasional Inggris pada masa Clemence dan masa kini memang sedikit bertolak belakang. Pada masa itu terdapat beberapa nama yang tangguh dalam menjaga gawang. Clemence harus berbagi tempat dengan Peter Shilton dan Gordon Banks dalam mengisi posisi penjaga gawang tim nasional Inggris. Kini, sulit menemukan kiper Inggris yang memiliki kemampuan setara dengan kiper top dunia.

Komentar