Preview: Real Madrid vs Barcelona

Berita

by redaksi

Preview: Real Madrid vs Barcelona

Pertarungan El Clasico tersajikan pada gameweek 29 La Liga Spanyol. Kali ini giliran Real Madrid sang pemimpin klasemen sementara yang menjamu Barcelona. Barcelona berada di peringkat ketiga dengan selisih 4 poin dari Real Madrid dan satu poin di bawah Atletico di peringkat kedua.

Tekanan lebih tinggi tertuju pada kubu Barcelona. Selain karena harus bermain di kandang lawan, kemenangan juga menjadi hal yang sangat penting bagi Barcelona jika masih ingin meraih gelar juara tahun ini. Perbedaan 4 poin dengan Real Madrid ditambah sisa 10 pertandingan membuat Barcelona tidak boleh semakin tertinggal jauh dari Real Madrid. Jika kalah, jarak Barcelona dengan Real Madrid akan semakin meningkat menjadi 7 poin. Melihat sisa lawan yang harus dihadapi Madrid pada 9 pertandingan terakhirnya, akan sulit bagi Barca jika harus mengejar 7 poin.

Kondisi Real Madrid sendiri sedang dalam kondisi yang sangat positif. Sembilan kemenangan beruntun telah mereka raih dalam pertandingan kandang terakhirnya. Real Madrid juga belum terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir La Liga. Lawan terakhir yang berhasil mengalahkan Madrid adalah tim yang akan datang ke markasnya besok malam, Barcelona.

Sebaliknya, Barcelona justru sedang dalam performa yang kurang stabil. Barca hanya berhasil memenangkan 5 pertandingan dari 10 pertandingan terakhirnya. 3 pertandingan diantaranya bahkan berakhir dengan kekalahan. Beruntung, kepercayaan diri pemain Barcelona sedikit mulai meningkat setelah berhasil membantai Osasuna 7 gol tanpa balas minggu lalu.

Barcelona juga sedikit diuntungkan dengan jadwal Liga Champions yang baru saja dimainkan Madrid hari rabu lalu. Barcelona yang sudah lebih dulu lolos ke babak 8 besar seminggu lebih cepat tidak memiliki jadwal pertandingan pada tengah pekan. Setidaknya hal ini membuat Barcelona  waktu persiapan lebih lama untuk menjalani laga penting di La Liga ini.


Dari sisi starting XI, Real Madrid sedikit dirugikan dengan belum bisa tampilnya Alvaro Arbeloa dan Sami Khedira. Ditambah lagi Jese Rodriguez mengalami cedera lutut pada laga melawan Schalke tengah pekan lalu. Sedangkan di kubu Barcelona, tidak ada pemain kunci mereka yang sedang menjalani perawatan. Semua pemain Barca siap untuk bertarung pada El Classico ini.

Meski begitu, tidak berarti kekuatan Madrid akan berkurang pada pertandingan besok. Stok pemain Madrid sudah lebih dari cukup untuk menutupi pemain-pemain yang tidak dapat tampil. Trio BBC tentu akan kembali diturunkan oleh Ancelloti. Benzema, Bale, dan Cristiano yang semakin padu akan menjadi ancaman bagi pertahanan Barcelona. Di tengah, gelandang senior Xabi Alonso akan dibantu Di Maria dan Modric mengawal lini tengah Real Madrid. Absennya Arbeloa mungkin akan digantikan oleh bek muda Spanyol, Carvajal.

Pada kubu Barcelona, trio penyerang terbaik mereka juga siap mendobrak pertahanan Real Madrid. Bintang utama mereka, Lionel Messi akan didampingi Neymar dan Alexis Sanchez untuk membuat pertahanan Real Madrid kocar-kacir. Di tambah 3 pemain tengah yang memiliki kemampuan mengolah bola dengan sangat baik yaitu Xavi, Iniesta, dan Busquets membuat pertahanan Real Madrid harus ekstra waspada terhadap umpan-umpan berakurasi tinggi dari ketiga pemain ini. Dari belakang, dua fullback aktif, Dani Alves dan Jordi Alba siap menjadi pendobrak tambahan jika para penyerang Barca mengalami kebuntuan.

Permainan menyerang ala Barcelona tentu akan langsung disajikan sejak awal laga. Tidak peduli sedang bermain di kandang lawan, Barcelona tidak akan gentar untuk bermain menyerang dari awal. Sedangkan Real Madrid yang sedang membawa kepercayaan diri tinggi tentu tidak akan mau membuat Barcelona berpesta besok malam. Motivasi untuk menendang lebih awal rival abadinya ini dari perebutan gelar juara musim ini akan menjadi dorongan tersendiri agar Madrid dapat mengamankan 3 poin.

Ambisi-ambisi dari masing-masing tim inilah yang akan semakin menambahkan bumbu sedap pada El Classico besok. Partai klasik yang sejak awal sudah panas akan semakin memanas dengan tambahan bumbu-bumbu tersebut. Bukan tidak mungkin, wasit pemimpin pertandingan akan dipaksa untuk bekerja keras agar tetap membuat pertandingan berjalan lancar. Hujan kartu pun menjadi hal yang sangat mungkin terjadi mengingat tensi tinggi partai ini.

Apapun hasil akhir dari pertandingan, yang pasti sudah terdapat jutaan pasang mata yang sudah tidak sabar untuk menantikan drama apalagi yang akan terjadi di Bernabeu.

Komentar