Protes Pele Terhadap Pemrotes

Cerita

by redaksi

Protes Pele Terhadap Pemrotes

Beberapa waktu belakangan, ribuan warga Brasil memenuhi jalan-jalan kota sebagai bentuk protes mereka terhadap Piala Dunia yang memakan biaya sangat besar. Menyikapi hal itu, legenda sepakbola mereka Pele ikut berkomentar atas protes yang masih terjadi setiap hari sampai saat ini. Dalam pernyataannya, Pele menyayangkan atas apa yang dilakukan para pemrotes tersebut. Menurut legenda sepakbola Brasil berusia 73 tahun ini, gelombang protes tersebut bisa merugikan Piala Dunia yang diselenggarakan bulan Juli nanti.

Walaupun Pele setuju dengan tuntutan para pemrotes  itu, Dia merasa protes yang juga menuntut perbaikan fasilitas pendidikan dan kesehatan itu tak harus dialamatkan pada sepakbola. " Kami tidak ada hubungannya dengan para politisi dan pencuri yang korup, ini bukan kesalahan kita " kata Pele. Menurut legenda sepakbola brasil ini juga, saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan protes, tapi harus ikut mensukseskan .

Meminta perhatian dunia atas kesenjangan yang terjadi di Brasil juga adalah salah satu yang dituntut  dari protes tersebut. Protes tersebut sebetulnya sangat wajar ketika melihat keadaaan ekonomi masyarakat Brasil pada umumnya yang kontras dengan mewahnya publikasi Piala Dunia 2014. Sebelum ini, Pele sendiri sudah dicap penghianat bangsa oleh sebagian warga Brasil karena lebih mementingkan  peyelenggaraan Piala Dunia yang hingar bingar daripada kesejahteraan masyarakat. Selain itu ia juga sering berseteru dengan Romario, legenda sepakbola Brasil yang lantang  menentang korupsi di tubuh FIFA. Romario dalam sebuah artikelnya di the Guardian pernah keras menyatakan " Saya tidak pernah berpikir Piala Dunia akan menyelesaikan semua masalah kita, tapi sekarang ketakutan saya adalah bahwa acara besar ini hanya akan menambah masalah yang sudah kita miliki" . Jadi, apakah protes pele terhadap para pemrotes itu yang kemudian menjadi salah alamat ?

 

Baca juga: Sepakbola Tak Lebih Penting dari Sekolah dan Rumah Sakit

foto: haveeru.com.mv

(amp)

Komentar