Kultweet Singkat Matias Ibo tentang Cedera Suhu

Sains

by redaksi

Kultweet Singkat Matias Ibo tentang Cedera Suhu

Fisioterapis ternama di Indonesia, Matias Ibo kembali memberikan tips terkait ilmunya tentang cedera. Kali ini dalam akun twitternya @MatiasIbo berbagai ilmu terkait cedera suhu.  Berikut pemaparan apa yang ia berikan.

1. Cedera sering diasosiasikan dengan kejadian yang menimpa otot atau ligamen. Bahkan kadang yang menyebut hamstring sebagai nama lain cedera.

2. Cedera tidak selalu diasosiasikan dengan otot,ligamen,urat,tulang,sendi,syaraf atau organ. Tetapi ada pula yang disebut dengan CEDERA SUHU.

3. Cedera suhu itu terdiri dari KEPANASAN (faktor internal ataupun faktor external) paling sering di negeri tropis seperti INDONESIA.

4. Panas secara internal terjadi setiap kali kita melakukan aktivitas yang membuat kecepatan jantung meningkat,dengan demikian aliran darah-

5. Akan menjadi lebih cepat,supaya darah bisa mengalir cepat ada peningkatan suhuh tubuh yang diregulasi dari otak kita.

6. Keringat yg keluar mengartikan bahwa tubuh itu mulai menguap karena rasa panas. Bila kita tak minum terutama air dingin atau sejuk maka terjadilah dehidrasi.

7. Cairan tubuh berkurang dan tubuh mulai bermasalah seperti lemah, keram, pingsan, kunang-kunang, mual, samping perut sakit dan bahkan bisa mati.

8. Penting saat beraktivitas untuk minum cairan & juga pengganti ion yang hilang atau air garam.

9. Faktor external yaitu kepanasan dimana terik matahari yang terlalu banyak menyebabkan sakit. Tak perlu ada aktivitas tetapi uapan tetapi uap tubuh tetap terjadi.

10. Potensi kerusakan kulit bisa terjadi bahkan bisa membuat sel-sel bertumbuh dengan pesat /tak terkontrol alias kanker.

11. Mengenai KEDINGINAN akan dibahas di lain waktu karena negara kita tak pernah -26 derajat celcius... he he he.. asli duuuiiiinnnggggiin...

Komentar