Akhir Perjalanan Juan Sebastian Veron

Berita

by redaksi

Akhir Perjalanan Juan Sebastian Veron

Mantan pemain Lazio dan Manchester United Juan Sebastian Veron memutuskan untuk mengakhiri perjalanana karirnya yang sudah berjalan selama 20 tahun. Pemain kelahiran 1979 ini gantung sepatu di klub pertamanya Estudiantes.

Veron merintis karir di tim junior Estudiantes. Pada 1994 ia naik kelas dan membantu Estudiantes kembali ke Divisi Utama Liga Argentina. Tiga tahun di Estudiantes, Veron bergabung dengan Boca Juniors dan mencetak 4 gol dari 17 penampilan. Penampilannya bersama Boca menarik perhatian Sven-Goran Eriksson yang pada saat itu melatih Sampdoria. Itulah momen yang membuat nama Veron semakin dikenal publik.

Pemain berkepala plontos ini membuat debutnya untuk timnas Argentina pada usia 21 tahun. Setelah membela Argentina pada 1998, Veron memutuskan pindah ke Parma dengan nilai transfer 15 juta poundsterling, harga yang cukup besar pada masa itu.

Di tahun yang sama, Veron membawa Parma menjuarai Piala UEFA dan Coppa Italia. Hanya bergabung semusim, Veron kembali ditarik Eriksson yang saat itu melatih Lazio dengan nilai transfer 18 juta poundsterling.

Mengawali milenium baru, Veron membantu Lazio meraih scudetto, Coppa Italia, dan Piala Super Italia. Setelah mengikuti dua musim menyenangkan dengan Lazio, Veron pindah ke Manchester United dengan nilai transfer 28 juta poundsterling dan menjadi pemain dengan transfer termahal pada saat itu.

Nyatanya, sulit bagi Veron untuk beradaptasi dengan karakter permainan Liga Inggris yang cepat. Veron akhirnya ditransfer ke Chelsea dengan mahar 15 juta poundsterling. Namun cedera panjang membuatnya hanya bermain selama tujuh kali bagi Chelsea. Pada 2004 Veron sempat bermain bagi Inter Milan dan mengantarkan dua trofi Coppa Italia. Pada 2007 Veron pun pulang ke Argentina menuju klub semasa kecilnya Estudiantes.

Selama 20 tahun berkarir di sepakbola Veron membukukan caps sebanyak 510 kali dan mencetak 68 gol. Bersama timnas Argentina ia tampil sebanyak 73 kali dan mengemas 9 gol.

Saat ini Veron ditunjuk sebagai direktur teknik Estudiantes oleh Presiden Klub Enrique Lombardi. Peraih dua penghargaan Argentine Player of The Year ini menyumbangkan seluruh penghasilannya selama menjadi ditektur teknik. Nantinya, gaji Veron akan digunakan untuk pengembangan tim junior Estudiantes.

Tell the fans to enjoy themselves. I will give nothing but the best,- Juan Sebastian Veron.

(fva)

Komentar