Eksodus Pemain Arab Saudi ke La Liga

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Eksodus Pemain Arab Saudi ke La Liga

Bursa transfer musim dingin La Liga kali ini diramaikan dengan perekrutan pemain-pemain asal Arab Saudi. Sejauh ini ada sembilan pemain Arab yang dipinjam ke tujuh kesebelasan berbeda La Liga 2017/2018.

Tujuh di antaranya merupakan pemain langganan timnas Arab Saudi dan dua lagi merupakan pesepakbola muda dari negara tersebut. Rupanya Ekspansi para pemain Arab ke La Liga merupakan bagian sebuah proyek antara otoritas pemerintahan Arab dan Federasi Sepakbola Arab (SAFF).

Kepentingan keduanya adalah meningkatkan merek sepakbolanya masing-masing. Tidak ada satupun kesebelasan La Liga yang mengeluarkan biaya untuk pemain-pemain Arab tersebut. Begitu pun tidak ada gaji yang didapatkan pemain-pemain Arab itu dari kesebelasan La Liga yang meminjamnya.

"Kedatangan pesepakbola (Arab) Saudi di Spanyol setelah proses pemantauan yang ketat. Klub-klub Spanyol telah bekerja selama satu bulan untuk memantai pemain yang paling sesuai dengan tim mereka dan untuk memperbaiki skuat mereka," tulis pernyataan resmi La Liga.

"Mohamed Bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi, telah menjadi pendukung besar kemitraan tersebut setelah melakukan pembelian hak televisi kepada La Liga di negara tersebut," sambungan pernyataan tersebut seperti dikutip dari Marca.

Salah satu pemain bintang Arab yang mulai berkarir di La Liga musim ini adalah Salem Al-Dawsari. Pemain sayap berusia 26 tahun itu bergabung ke Villarreal. Sebelumnya, Al-Dawsari mencetak 28 gol dan 23 asis dari 161 pertandingan bersama Al-Hilal. Selain itu, Al-Dawsari juga mencetak dua gol dari 17 pertandingan resmi Tim Nasional (timnas) Arab.

Selain Al-Dawsari, pemain bintang Arab lain yang juga hijrah ke Spanyol adalah Yahia Al-Shehri ke Leganes dari Al-Nasr. Levante pun tidak kalah merekrut pemain bintang Arab lainnya, yaitu Fahad Al-Muwallad.

"Sebagai bagian dari kolaborasi ini, klub kami dalam beberapa bulan terakhir telah bekerja sama dengan La Liga untuk mencari pemain internasional (Arab) Saudi dan prospek muda untuk menentukan pilihan terhadap pendandatangann baru kami," tulis penyataan resmi Levante seperti dikuti dari Leganes.

"Dengan kedatangan Fahad Al-Muwallad, kami menandatangani pemain yang akan membantu kami mendapatkan visibilitas dari dunia Arab. Di mana La Liga adalah liga internasional yang paling banyak diikuti," tulis pernyataan dari Levante.

Maksud lain dari kerja sama ini agar meningkatkan pengalaman para pemain Arab yang dipinjamkan ke La Liga. Mengingat jika Arab akan membuka pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia. Apalagi negara tersebut kembali lagi untuk pertama kalinya ke Piala Dunia sejak 2006.

"Kesepakatan peminjaman ini untuk periode awal selama enam bulan, memungkinkan para pemain ini untuk lebih mengembangkan keterampilannya dengan bermain di Spanyol," tulis pernyataan La Liga lebih lanjut.

Sebelumnya, hanya Muhkhtar Ali selaku pemain Arab yang berkarir di Eropa bersama Vittesse Arnhem di Liga Belanda. Ada juga Faris Abdi yang berkarir di Virginia Cavaliers di Liga Universitas Amerika Serikat.

Berikut daftar pemain-pemain asal Arab yang eksodus ke La Liga pada bursa transfer Januari 2018:

Nooh Al-Mousa (Real Valladolid)

Salem Al-Dawsari (Villarreal)

Jaber Mustafa (Villarreal B)

Ali Al-Nemer (Numancia)

Yahya Al Shehri (Leganes)

Marwan Othman (Leganes B)

Abdulmajeed Al Sulayhem (Rayo Vallecano)

Fahad Al-Muwallad (Levante)

Abdullah Al Hamdan (Sporting Gijon)

Sumber lain: Arab News

Komentar