Kekalahan Barcelona, Kemenangan Espanyol Selama Sembilan Tahun

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Kekalahan Barcelona, Kemenangan Espanyol Selama Sembilan Tahun

Barcelona mendapatkan dua pemain baru pada bursa transfer musim dingin saat ini, yaitu Philippe Coutinho dan Yerry Mina.

Tapi Barcelona tidak memainkan mereka dalam dua pertandingan setelah perekrutan rampung. Baik Coutinho dan Mina tidak diturunkan ketika Barcelona melawan Real Sociedad dan Espanyol.

Ketika melawan Sociedad pada ajang La Liga 2017/2018, Barcelona berhasil memenangkan laga dengan skor 4-2 meskipun tidak memainkan dua pemain barunya. Tapi nasib berbeda ketika Barcelona melawan Espanyol dalam pertandingan leg satu perempat final Copa del Rey musim ini.

Barcelona kalah tipis 1-0 dari rival sekotanya itu di Stadion RCDE pada dini hari tadi waktu Indonesia, Kamis (18/1). Eksekusi penalti Lionel Messi justru gagal pada menit 62` karena sepakannya berhasil ditepis Diego Lopez yang menjaga gawang Espanyol.

"Lapangan (Stadion RCDE) itu sedikit berbahaya untuk dimainkan karena ketidakakuratan bisa menghasilkan serangan balik. Hukuman penalti memberikan mereka (Espanyol) keberanian. Kami menderita dalam strategi ini meskipun tidak berada di dalam permainan kami, dalam derby, ini adalah kejelasan yang bisa diputuskan," imbuh Ernesto Valverde, Pelatih Barcelona, seperti dikutip dari Express.

Padahal Barcelona memenangkan penguasaan bola sebesar 72 persen. Bahkan Barcelona melepaskan 12 percobaan tembakan selama pertandingan meskipun cuma empat yang mengarah ke gawang.

Sementara Espanyol melepaskan tujuh kali percobaan tendangan. Tapi jumlah yang mengarah ke gawangnya sama seperti Barcelona. Di sisi lain malah Espanyol justru bisa mencetak gol melalui Oscar Melendo pada menit 88`.

Ia berhasil menjebol gawang Barcelona yang dijaga Jasper Cillessen setelah menerima umpan dari Marc Navarro. Melendo sendiri diturunkan dari bangku cadangan menggantikan Javi Fuego pada menit 75`.

Tapi Melendo berhasil menjadi penyebab kekalahan pertama Barcelona pada musim ini di seluruh kompetisi yang diikutinya. Selain itu, Melendo juga berhasil memberikan kemenangan pertama Espanyol atas Barcelona sejak Februari 2009.

Di sisi lain, Barcelona bermain dengan mayoritas skuat lapis kedua. Ivan Rakitic, Luis Suarez dan Marc-Andre ter Stegen disimpan di bangku cadangan. Rakitic dan Suarez baru diturunkan pada babak kedua dan Espanyol bermain semakin bertahan.

"Yang difavoritkan adalah yang menang, yang memiliki keunggulan. Kami mendapatkan beban dari pertandingan ini dan mereka menunggu kami untuk mengambil keuntungan. Mereka mendapatkan skor dengan serangan balik mereka," ujar Valverde.

Kekalahan terakhir Barcelona didapatkan pada pertandingan Piala Super musim ini. Kendati demikian, Barcelona masih punya kesempatan lolos ke semifinal karena akan bertemu lagi dengan Espanyol pada leg kedua di Stadion Camp Nou, Kamis (25/1).

Syarat agar Barcelona lolos adalah harus menang dengan selisih minimal dua gol dari Espanyol. "Kami masih punya leg kedua. Kami beruntung memiliki kesempatan bertanding pada leg kedua. Kami harus mendapatkan kemenangan meski apapun yang terjadi," tegas Sergio Busquets seperti dikutip dari Marca.

Komentar