Man City Klub Terkaya Dunia, Guangzhou Evergrande di Peringkat 4

Berita

by redaksi

Man City Klub Terkaya Dunia, Guangzhou Evergrande di Peringkat 4

Soccerex, sebuah perusahaan independen pemerhati industri sepakbola, baru saja merilis daftar klub terkaya dunia. Dari hasil analisis mereka, bukan Real Madrid, Manchester United, atau Paris Saint-Germain yang menyandang status klub terkaya dunia, melainkan pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, Manchester City.

Man City, menurut Soccerex, punya kekayaan tertinggi di dunia tak lepas dari kekayaan sang pemilik, Sheikh Mansour. Tapi tak hanya itu, nilai skuat utama City pun meningkatkan aset yang mereka miliki. Ditambah lagi dengan minimnya hutang dalam catatan finansial City dan potensi investasi yang dimiliki skuat berjuluk The Citizens tersebut.

"Sheikh Mansour sudah berinvestasi sebesar 650 juta euro untuk skuat yang ada saat ini juga termasuk infrastruktur dan kekuatan finansial klub yang semakin bertambah berkat kerja sama dari hak penyiaran," ujar Soccerex. Perlu diingat, City punya akademi dengan luas 80 hektar yang di dalamnya terdapat 16 lapangan dan fasilitas ekslusif lainnya.

Dalam mengukur kekayaan setiap klub, Soccerex mengacu pada lima aspek. Pertama aset pasar pemain yang dimiliki, kedua aset pasti seperti stadion, fasilitas latihan dan properti lain, ketiga uang klub yang tersedia di bank, keempat potensi investasi pemilik klub, dan kelima catatan hutang.

Atas aspek-aspek tersebut, beberapa klub secara mengejutkan masuk dalam daftar klub kaya. Sebut saja New York City FC, kesebelasan asal Amerika Serikat yang juga dimiliki Sheikh Mansour, yang menempati urutan kelima. RB Leipzig yang merupakan bagian dari perusahaan minuman berenergi, Red Bull, pun menempati posisi ke-25.

Melihat aspek-aspek di atas, Soccerex lebih melihat pada kesehatan finansial setiap klub. Maka tak heran Barcelona yang baru saja belanja besar-besaran tidak masuk dalam 10 besar kesebelasan terkaya. Mereka menempati urutan 13, yang membuat mereka kalah dari Zenit yang dimiliki oleh perusahaan Gazprom.

Sementara itu, Arsenal yang dalam satu dekade terakhir terus menunjukkan kesehatan finansial, terlebih jarangnya pembelian pemain mahal, dianggap Soccerex memiliki finansial mumpuni saat ini. Mereka pun menempati posisi kedua di bawah Man City. Menurut Soccerex, model bisnis Arsenal terbilang sukses dalam memberikan keuntungan terhadap klub walaupun begitu terancam kembali menurun jika mereka kehilangan Alexis Sanchez dan Mesut Oezil karena akan kehilangan aset pemain.

Di posisi ketiga terdapat PSG yang baru saja menciptakan rekor pembelian pemain saat merekrut Neymar dengan harga 220 juta euro dan Kylian Mbappe yang berpotensi berharga 180 juta euro. Kekuatan finansial sang pemilik, Nasser Al-Khelaifi, mungkin tidak terbatas. Namun Soccerex melihat markas PSG, Stadion Parc des Princes, terbilang kecil dan infrastruktur lainnya masih kalah dengan kesebelasan lain, khususnya Man City dan Arsenal.

Pentingnya aset infrastruktur juga yang menempatkan kesebelasan asal Tiongkok, Guangzhou Evergrande, menempati posisi keempat. Kesebelasan yang dimiliki dua perusahaan besar Tiongkok, Evergrande dan Alibaba Group, ini punya potensi pasar yang besar di masa yang akan datang. Terlebih sepakbola di Tiongkok sedang meningkat pesat. Guangzhou pun punya infrastruktur yang mewah dan disebut-sebut sebagai salah satu akademi terbaik dan terbesar di dunia.

Sedangkan di posisi kelima terdapat kesebelasan Inggris lainnya, Tottenham Hotspur. Kehebatan Harry Kane dalam beberapa musim terakhir membuat Spurs punya aset pemain yang sangat bernilai, terlebih mayoritas pemain mereka masih berusia muda. Kesebelasan asal London itu pun baru saja memiliki stadion baru yang mewah sebagai aset infrastruktur pasti.

Ada di posisi berapa Real Madrid, Manchester United, Chelsea dan Bayern Muenchen yang juga terlihat punya potensi sebagai kesebelasan terkaya dunia? Berikut daftar 25 klub terkaya dunia versi Soccerex:

1. Manchester City
2. Arsenal
3. Paris Saint-Germain
4. Guangzhou Evergrande
5. Tottenham Hotspur
6. Real Madrid
7. Manchester United
8. Juventus
9. Chelsea
10. Bayern Munich
11. Zenit St. Petersburg
12. RB Leipzig
13. Barcelona
14. LA Galaxy
15. Atletico Madrid
16. Liverpool
17. Borussia Dortmund
18. Olympique Lyon
19. AS Monaco
20. Leicester City
21. Bayer Leverkusen
22. Shaktar Donetsk
23. New York Red Bulls
24. Seattle Sounders
25. New York City FC

Komentar