Rincian Transfer Coutinho dari Liverpool ke Barcelona

Berita

by redaksi

Rincian Transfer Coutinho dari Liverpool ke Barcelona

Hijrahnya Philippe Coutinho ke Barcelona dari Liverpool menjadikannya sebagai pemain termahal kedua dunia. Biaya transfer Coutinho hanya kalah dari kompatriotnya asal Brasil, Neymar, yang direkrut Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona yang mencapai 222 juta euro.

Beberapa sumber menyebut jika Barcelona sampai mengeluarkan 142 juta paun atau sekitar 160 juta euro. Namun sebenarnya biaya transfer Coutinho tidak sebesar itu. Angka pasti pelepasan Coutinho ke Barcelona sebenarnya hanya di angka 106 juta paun atau setara 120 juta euro. Jadi sebenarnya Coutinho "hanya" unggul 15 juta euro dari Ousmane Dembele yang sebelumnya dibeli Barcelona dari Dortmund dengan biaya 105 juta euro.

Walau begitu, ada beberapa klausul Liverpool bisa mendapatkan lebih banyak uang dari Barcelona karena transfer Coutinho ini. Klausul inilah yang sebenarnya bisa membuat Coutinho setara dengan 142 juta paun untuk Liverpool.

Seperti yang dilaporkan The Guardian, 36 juta paun berikutnya akan dibayarkan bertahap jika Coutinho memenuhi syarat-syarat tertentu dari Barcelona. Dari 36 juta paun tersebut, tidak semuanya pasti didapat Liverpool. Bisa dibilang "hanya" 26 juta paun yang kemungkinan besar bisa didapat Liverpool.

Rincian 36 juta paun tersebut adalah 4,4 juta paun setiap kelipatan 25 pertandingannya bersama Barcelona hingga total 100 kali pertandingan. Kemudian 4,4 juta paun lain akan diberikan selama dua musim berturut-turut sejak musim 2018/2019 jika Barcelona berlaga di fase grup Liga Champions. 4,4 juta paun lainnya baru diberikan jika Coutinho berhasil membawa Barcelona juara Liga Champions dalam 5,5 tahun kontraknya di Barca (dengan klausul pelepasan mencapai 400 juta euro).

Maka dari itu, angka 142 juta paun atau 160 juta euro sebenarnya bukan angka pasti pembelian Coutinho oleh Barca. Sisa 36 juta paun bisa saja tidak diberikan pada Liverpool jika Coutinho tidak memenuhi syarat-syarat di atas. Misalnya saja tiba-tiba ia pindah sebelum mencatatkan 100 kali penampilan bersama Barca, atau Barcelona gagal menjuarai Liga Champions bersama Coutinho. Berbeda dengan Neymar yang memang direkrut dengan biaya 222 juta euro karena klausul pelepasannya memang bernilai demikian.

Meskipun begitu, bonus-bonus atas syarat di ataslah yang akhirnya berhasil meluluhkan Liverpool untuk melepas Coutinho ke Barcelona. Karena seperti yang kita ketahui, The Reds sebenarnya enggan melepas mantan pemain Inter Milan tersebut. Maka dari itu mereka sempat menaikkan banderol Coutinho yang kabarnya mencapai 177 juta paun.

Tapi sejak Juli 2017 Barcelona memang sangat serius mendapatkan Coutinho, khususnya setelah Neymar hijrah ke PSG. Awalnya tawaran Barca hanya berkisar 126 juta paun atau sekitar 140 juta euro. Bagi Liverpool jumlah tersebut belum cukup untuk meyakinkan mereka agar melepas gelandang berusia 25 tahun tersebut.

Sampai akhirnya Coutinho benar-benar tertarik untuk bergabung dengan kesebelasan asal Katalunya tersebut dan tawaran Barca kembali datang dengan angka yang lebih tinggi dari tawaran musim panas lalu.

"Bukan rahasia lagi jika Philippe ingin perpindahan ini terjadi sejak Juli, ketika Barcelona mengajukan tawaran pertamanya. Philippe langsung berbicara pada saya, pemilik, bahkan rekan setimnya yang lain bahwa ia sangat-sangat ingin mewujudkan perpindahannya ke Barca," kata manajer Liverpool, Juergen Klopp. "Di samping itu kami berusaha mempertahankan sang pemain, berharap bisa membujuknya bisa bertahan dan tetap menjadi bagian dari kami."

"Jadi yang ingin saya sampaikan untuk fans Liverpool adalah bahwa kami, sebagai klub, sudah melakukan segala cara untuk membujuk Philippe agar tetap menjadi bagian dari LFC ketika dia tertarik untuk pindah ke Spanyol. Tapi dia 100% yakin akan masa depannya, begitu juga dengan keluarganya, bahwa mereka akan ke Barcelona," sambungnya.

Bahkan kabarnya, seperti yang diberitakan Mundo Deportivo, Coutinho turut menyumbang 10 juta euro pada Barcelona untuk segera merealisasikan perpindahannya ini karena tak mau kesempatannya hijrah ke Spanyol kembali sirna.

Baca juga:

Rafael Benitez, Philippe Coutinho dan Penyesalan Terbesar Inter Milan

Hikayat Kehilangan Klopp

6 Penjualan Termahal Liverpool

foto: eveningstandard.co.uk

Komentar