Para Pemain Top yang Kontraknya Akan Habis Akhir Musim 2017/2018

Berita

by redaksi

Para Pemain Top yang Kontraknya Akan Habis Akhir Musim 2017/2018

Beberapa kesebelasan Eropa tampaknya tengah bersiap menyambut bursa transfer musim dingin. Banyaknya pemain berkualitas yang kontraknya akan habis pada akhir musim 2017/2018 membuat bursa transfer Januari nanti bisa menjadi saat yang tepat bagi kesebelasan-kesebelasan tersebut meningkatkan kualitas salah satu sektor skuat mereka dengan harga murah.

Hampir di segala lini terdapat pemain yang akan membuat banyak kesebelasan sudah gatal untuk melakukan negosiasi. Namun semuanya masih menahan diri membuka pembicaraan itu karena tentu saja tak mau melanggar bosman rule, yang hanya memperbolehkan melakukan negosiasi enam bulan jelang kontrak berakhir.

Lantas siapa saja pemain yang kontraknya akan habis pada akhir musim ini dan layak direkrut kesebelasan yang sedang berkompetisi di liga top Eropa?

Di posisi penjaga gawang terdapat tiga nama senior. Mereka adalah Gianluigi Buffon (Juventus), Iker Casillas (Porto), dan Pepe Reina (Napoli). Kualitas ketiganya tak perlu diragukan lagi. Meski usianya sudah semakin mendekati kepala empat, tapi untuk pos penjaga gawang hal tersebut tak berarti banyak. Kecuali Buffon yang mungkin akan pensiun pada akhir musim nanti, Casillas dan Reina kami rasa masih layak berkompetisi di liga top Eropa.

Reina masih menjadi palang pintu utama Napoli, yang musim ini konsisten di papan atas. Sementara itu Casillas yang sudah berusia 36 tahun pun tampaknya masih ingin berkarier lebih lama. Selain masih berhasrat membela timnas Spanyol, ia juga pernah berkata (dengan nada bercanda) seperti ini, "Jika Buffon pensiun di usia 40 tahun, maka saya akan pensiun di usia 41 tahun."

Selain ketiga nama di atas, beberapa kiper lain yang tengah memasuki masa terakhir kontraknya adalah Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao), Willy Caballero (Chelsea), dan Joel Robles (Everton). Kepa yang masih berusia 23 tahun menjadi yang paling diperebutkan karena ia bermain reguler dengan Bilbao dan sudah menjalani debutnya di timnas Spanyol pada 2017 lalu. Kabarnya ia tidak akan memperpanjang kontrak dengan Bilbao untuk mempermudah kepindahannya ke Real Madrid.

Posisi bek juga bergelimang pemain top yang mungkin sudah mulai menimbang untuk pindah klub. Untuk bek tengah ada nama-nama seperti Steven De Vrij (Lazio), Giorgio Chiellini (Juventus), Miranda (Inter), Holger Badstuber (Stuttgart) hingga Neven Subotic (Dortmund). Dari kelima nama tersebut, hanya Miranda yang kemungkinan memperpanjang kontrak dengan Inter.

De Vrij baru-baru ini menyatakan tidak mengetahui apakah ia akan tetap di Lazio atau pindah. Sementara itu Chiellini diisukan akan bergabung ke Chelsea, bereuni dengan Antonio Conte. Subotic yang beberapa kali dikaitkan dengan Liverpool juga belum ada pembicaraan mengenai pembaruan kontrak.

Untuk bek sayap beberapa nama berkualiatas adalah Daley Blind (Manchester United), Luke Shaw (Manchester United), Ashley Young (Manchester United), Achraf Hakimi (Real Madrid), dan Juanfran (Atletico Madrid). Hanya saja kelima nama ini kemungkinan besar akan mendapatkan sodoran kontrak baru. Walau begitu masih ada lagi bek sayap lain seperti Emiliano Insua (Stuttgart), Gotoku Sakai (HSV), dan Martin Caceres (Verona).

Posisi gelandang menjadi posisi yang paling banyak diisi oleh pemain top yang akan habis kontrak. Bahkan beberapa nama sudah santer diberitakan akan pindah pada Januari mendatang. Dengan kontrak tersisa enam bulan, harga pemain memang bisa menjadi lebih murah karena klub hanya disodorkan dua opsi; dijual murah atau dilepas gratis pada akhir musim (jika negosiasi perpanjang kontrak gagal) karena aturan bosman rule.

Manchester United menyumbang nama Juan Mata, Marouane Fellaini dan Ander Herrera. Beberapa pemain dari Liga Primer Inggris lain seperti Ross Barkley (Everton), Emre Can (Liverpool), dan Fernandinho (Man City) juga nasibnya masih belum menentu. Tapi yang paling menarik tentu saja nasib duo Arsenal yakni Mesut Oezil dan Alexis Sanchez. Satu nama lain yang juga mencuri perhatian adalah gelandang muda Schalke 04, Leon Goretzka.

Dari nama-nama di atas (sebenarnya masih ada nama top lain seperti Joao Moutinho atau Johan Cabaye), yang kemungkinan akan memperpanjang kontrak adalah Mata, Herrera, dan Fernandinho. Sementara itu Fellaini dan Emre Can pernah disodori kontrak baru namun enggan menandatanganinya. Sedangkan Oezil dan Alexis masih diupayakan Arsenal agar bersedia menerima kontrak baru.

Terkhusus untuk Barkley dan Goretzka, keduanya sudah ditawari kontrak baru dengan nilai yang jauh lebih besar. Namun keduanya tampaknya ingin pindah ke kesebelasan yang lebih besar. Dengan usianya yang terbilang muda, memang akan banyak keuntungan yang didapat klub barunya. Apalagi jika keduanya direkrut pada Januari mendatang, keduanya bisa menguatkan kesebelasan yang berlaga di Liga Champions. Pun begitu dengan Oezil dan Alexis yang musim ini bermain di Europa League.

Untuk penyerang sendiri sebenarnya ada beberapa nama beken. Tapi mereka sudah termakan usia dan ketajamannya mulai diragukan. Mereka adalah Arjen Robben, Franck Ribery, Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Ezequiel Lavezzi, Fernando Torres, Robin van Persie, hingga Robinho.

Di antara Robben dan Ribery, tampaknya hanya Robben yang akan perpanjang kontrak. Sementara untuk nama tersisa, masa emas mereka telah lewat, yang mungkin lebih cocok berkarier ke Major League Soccer (AS) atau China Super League (CSL) seperti yang dilakukan Lavezzi. Atau mungkin mereka bersedia membela klub Liga 1 Indonesia (juga sebaliknya, klub Liga 1 mampu mendatangkan mereka)? Belakangan, Van Persie sempat dihubungkan dengan Persib Bandung.

Komentar