George Weah Terpilih Sebagai Presiden Liberia

Berita

by Redaksi 24

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

George Weah Terpilih Sebagai Presiden Liberia

George Weah terpilih sebagai Presiden Liberia. Dalam pemilihan tersebut Weah unggul telak dari kompetitornya, Joseph Boakai, yang dalam 12 tahun terakhir menjabat sebagai Wakil Presiden Liberia. Weah memenangkan pemilihan di tiga belas daerah pemilihan, sementara Boakai hanya menang di dua wilayah pemilihan.

Berkat kemenangan tersebut Weah menjadi Presiden ke-25 Liberia. Ia juga akan menggantikan posisi Ellen Johnson Sirleaf yang sejak tahun 2006 memegang kekuasaan sebagai pemimpin negara Liberia.

"Saya sangat berterima kasih kepada keluarga, teman, dan pendukung setia saya yang berkontribusi pada kampanye kami selama musim pemilihan yang sangat panjang ini," tulis Weah dalam Twitter pribadinya.

Sebelum menjadi Presiden, Weah tercatat sebagai seorang pesepakbola dengan rekam jejak mentereng. Ia pernah mendapatkan penghargaan pemain terbaik dunia versi Majalah France Football pada 1995. Melalui penghargaan tersebut, Weah tercatat sebagai satu-satunya pemain asal Afrika yang memenangkan trofi Ballon D’or.

Selama menjadi pesepakbola, mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu juga memiliki karier cemerlang, terlebih saat ia membela AC Milan, di mana ia berhasil mencetak 58 gol dari total 147 penampilannya.

Sejak memutuskan pensiun dari dunia sepakbola pada 2002 lalu, Weah memang sudah menaruh minat untuk meniti karier sebagai politisi di negara asalnya, Liberia. Pada tahun 2005 sosok berusia 51 tahun itu serius menggeluti dunia politik. Sebelumnya ia pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Liberia pada pemilihan 2005 lalu, namun kalah suara dari Ellen Johnson Sirleaf yang menjadi pesaingnya kala itu.

Terpilihnya Weah sebagai Presiden Liberia menjadikannya sebagai mantan pesepakbola kedua yang menjadi Presiden. Sebelumnya ada nama Emmanuel Macron, mantan pesepakbola yang terpilih sebagai Presiden Prancis.

Sosok Macron mungkin kurang dikenal di dunia sepakbola, namun Presiden termuda Perancis itu tercatat pernah menjadi pesepakbola di kesebelasan amatir, Ecole Nationale d`Administration (l`ENA), yang bermain Liga Regional Paris atau La Ligue de Paris Ile-de-France de football (La LPIFF) yang berafiliasi pada Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Komentar