Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 18

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 18

Ditarik lebih awal pada GW17 dan kebal terhadap kebijakan Peptation, membuat Kevin De Bruyne (Man City, £10.2) menjadi salah satu aktor pada big match GW18 yang masuk dalam tim unggulan kami. Sepanjang musim berjalan, De Bruyne hanya gagal produktif di tujuh GW dan saat ini berada di posisi kedua poin tertinggi di antara para gelandang. Dalam 4 gameweek, pemain Belgia ini membuat tembakan tepat sasaran tertinggi (bersama Harry Kane), menciptakan 16 peluang (juga tertinggi di liga), serta meraup 5 poin bonus dari 2 gol serta 2 asisnya.

Yang terpenting, De Bruyne adalah pemain untuk laga-laga besar. Dia hanya sekali gagal membuat gol atau asis ketika melawan tim dari Big 7, yakni ketika melawan United. Minggu ini menjamu Spurs yang hanya mencatat sekali nirbobol dari 6 laga terakhirnya, kita harapkan pemegang joint-top assist (8 asis bersama Aaron Ramsey dan David Silva) melanjutkan sinar baiknya.

Dalam sepuluh laga terahir, Riyad Mahrez (Leicester City, £8.6) hanya dua kali gagal membayar kepercayaan, yakni di GW 12 dan GW 13. Sisanya, Mahrez membuat 5 gol dan 4 asis, serta mengemas 7 poin bonus. Kedatangan Claude Puel turut memantapkan kebangkitan Mahrez, dengan memberi posisi dan peran yang lebih sentral di belakang dua penyerang. Dalam 4 gameweek terakhir, pemain yang harganya baru saja mengalami kenaikan ini mungkin “hanya” membuat 10 tembakan, namun rate akurasinya 70% dan 3 di antaranya berhasil dikonversi jadi gol. Efektif.

Harga tertinggi di antara gelandang dan tidak diikuti dengan konsistensi yang meyakinkan, membuat return of investment Alexis Sanchez (Arsenal, £11.8) kurang setimpal dan hanya hanya dimiliki 2.3% manajer FPL. Namun sebenarnya statistiknya sendiri termasuk bagus. Alexis melepaskan 16 tembakan (tertinggi di antara para gelandang), serta 13 cipta peluang (kedua di bawah De Bruyne), yang sayangnya hanya menghasilkan 1 gol dan 1 asis. Namun melawan Newcastle yang kebobolan 9 gol dalam 4 laga terakhir, Alexis punya peluang yang besar untuk mencetak gol di rumah sendiri. Setidaknya, dapat mengantikan peran Ramsey (cedera) yang telah menyediakan 3 asis bagi Lacazette yang sepertinya akan tampil sebagai starter.

Setelah dalam 8 laga selalu membuat gol atau asis, satu ‘kegagalan’ di GW17 tidak membuat kami berhenti memilih Mohamed Salah (Liverpool, £10.0) pada GW ini. Kecepatan dan penetrasi top skor sementara (gol Liga Primer dan poin FPL) ini akan lebih berbahaya saat bermain tandang, di mana kesebelasan tuan rumah (yang termasuk kesebelasan medioker) secara natural akan lebih berani keluar daripada saat bertandang ke Anfield. Tujuh dari 13 gol Mo Salah dicetak ketika bertandang, dan akan sangat berpotensi menambah catatannya ketika bertandang ke Bournemouth yang dalam 4 laga terakhir tidak mencatat nirbobol.

Terakhir, ada Huddersfield Town yang bertandang ke Vicarage Road dengan catatan kebobolan 14 gol dalam 4 pertandingan tandang terakhirnya. Godaan besar ini tentu saja harus disikapi dengan mencari pemain tersubur di kubu Watford, dan Richarlison (Watford, £6.6) adalah pilihan kami. Gelandang yang didorong ke depan ini rajin melepas tembakan, dan telah mencatatkan lima gol serta enam asis sejauh ini. Walapun saat ini berstatus kuning (75% peluang bermain), tapi Richarlison punya segala data pendukung untuk membayar kepercayaan para pemiliknya di gameweek ini.

*kecuali dinyatakan berbeda, semua statistik yang dipaparkan adalah berdasarkan 4 gameweek terakhir.

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW18:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 15 Desember 2017.

Komentar