Semua Kesebelasan Italia Terancam Tidak Lolos Fase Gugur UCL

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Semua Kesebelasan Italia Terancam Tidak Lolos Fase Gugur UCL

Fase grup Liga Champions Eropa 2017/2018 memasuki pertandingan terakhir. Berikut hitung-hitungan beberapa kesebelasan yang masih berkemungkinan lolos dari dari delapan grup Liga Champions musim ini.

Grup A

Manchester United (MU) membutuhkan satu poin pada pekan ke-6 alias pertandingan terakhir untuk memastikan lolos. Jika United kalah dari CSKA Moscow dan Basel tidak menang melawan Benfica pada laga terakhir, United kemungkinan besar akan tetap di puncak klasemen karena mereka sudah unggul head-to-head dari CSKA karena di laga pertama berakhir dengan 4-1.

Tapi United bisa saja gagal lolos ke babak 16 besar. Itu akan terjadi jika Basel berhasil mengalahkan Benfica sementara CSKA mengalahkan United dengan selisih lima gol saat keduanya bertemu di laga terakhir. Dengan begitu, CSKA dan Basel akan lolos ke babak berikutnya karena poin mereka (United, CSKA dan Basel) yang sama akan bergantung pada selisih gol; United saat ini surplus delapan akan berkurang menjadi tiga dan CSKA saat ini -1 menjadi surplus empat, Basel sudah surplus empat dan akan bertambah jika menang.

Grup B

Bayern Muenchen dan Paris Saint-German (PSG) sudah pasti lolos pada grup ini. Maka penentuannya adalah siapa yang akan lolos sebagai pemimpin klasemen. Keduanya pun akan bertemu pada pekan ke-6. PSG memenangkan pertemuan pertama dengan skor 3-0. Bayern wajib menang dengan selisih empat gol jika ingin lolos sebagai pemuncak klasemen.

Sementara Celtic dan Andrlecht memperebutkan peringkat tiga agar tetap eksis di kompetisi Eropa. Pada peringkat tigalah masih terdapat jatah bermain di babak 32 besar Liga Eropa 2017/2018. Tapi tampaknya agak sulit bagi Anderlecht karena pertandingan nanti berstatus sebagai tamu, apalagi pertemuan sebelumnya mereka kalah 3-0 dari Celtic.

Grup C

Chelsea sudah pasti lolos ke babak 16 besar berkat 10 poin yang sudah dikoleksinya. Bahkan mereka bisa mengamankan peringkat pertama jika Roma gagal mendapatkan kemenangan dari Qarabag pada pertandingan pekan ke-6. Roma sendiri wajib menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Jika mendapatkan hasil seri dan Atletico menang atas Chelsea, head-to-head Roma akan kalah dari Atletico sehingga mereka bisa terlempar ke Liga Europa.

Di sisi lain, Atletico juga wajib menang dan berharap Roma dikalahkan Qarabag agar lolos dari fase grup ini. Sementara Qarabag sudah pasti tidak memiliki kesempatan lolos, bahkan untuk mengamankan peringkat tiga dan bermain di Liga Eropa sekalipun.

Grup D

Barcelona sudah pasti lolos ke babak selanjutnya sebagai pemimpin klasemen. Sementara Juventus yang berada di posisi kedua membutuhkan kemenangan di kandang Olympiakos Piraeus karena Sporting Lisbon yang saat ini menempati posisi ketiga bisa saja merebut tempat mereka. Saat ini, Juventus hanya unggul satu poin dari Sporting Lisbon.

Maka dari itu, Juventus bisa saja tidak lolos jika kalah dari Olympiakos dan Sporting berhasil mengalahkan Barcelona. Hasil imbang pun tidak akan meloloskan Juventus jika Sporting mengalahkan Barcelona. Tapi jika Juve bermain imbang melawan Olympiakos sementara Sporting imbang atau kalah dari Barca, maka Juve tetap melaju ke babak 16 besar. Juve kalah pun bisa lolos ke babak berikutnya, asal Sporting pun dikalahkan Barcelona.

Grup E

Hasil imbang melawan Spartak di laga terakhir fase grup sudah cukup meloloskan Liverpool ke babak 16 besar. Hasil imbang melawan Spartak juga bisa tetap menjaga mereka di posisi puncak, tapi dengan catatan Sevilla gagal mengalahkan NK Maribor. Sevilla yang saat ini berada di peringkat kedua terbilang lebih diuntungkan karena akan menghadapi juru kunci, Maribor.

Spartak sendiri masih berkesempatan lolos jika berhasil mengalahkan Liverpool, bahkan kemenangan melawan Liverpool bisa membuat mereka singkirkan Liverpool jika di tempat lain Sevilla menang melawan Maribor. Jika menang, Spartak akan unggul head-to-head dari Liverpool karena pada pertemuan pertama berakhir imbang.

Grup F

Sempurnanya Manchester City memastikan mereka lolos dengan status pemuncak klasemen. Sementara pertempuran ada di peringkat dua dan tiga antara Shakhtar Donetsk dengan SSC Napoli. Shakhtar akan lolos jika mereka bermain imbang saat hadapi Man City (apapun hasil Napoli) atau Napoli tidak menang melawan Feyenoord (Shakhtar akan tetap lolos meski kalah dari Man City).

Nasib Napoli memang bergantung pada laga Shakhtar menghadapi City. Jika Shakhtar kalah dan Napoli menang, Napoli lolos ke babak berikutnya karena mereka unggul head-to-head dari Shakhtar meski poin keduanya sama.

Grup G

Kejutan terjadi di grup ini karena semifinalis Liga Champions musim lalu, AS Monaco, dipastikan gagal lolos ke babak selanjutnya. Bahkan mereka menempati peringkat paling bawah pada grup ini. Sementara posisi paling atas ditempati Besiktas dan sudah pasti lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup. Pertarungan sengit terjadi dalam perebutan peringkat dua karena FC Porto dan RB Leipzig sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Tapi Porto bisa lolos meskipun memiliki poin yang sama dengan Leipzig atas keunggulan head-to-head pada dua pertemuan mereka. Porto berhasil menang 3-1 setelah dikalahkan Leipzig pada pertemuan sebelumnya dengan skor 3-2. Pada laga terakhir, Porto akan hadapi Besiktas, sementara Leipzig akan hadapi Monaco.

Grup H

Tottenham Hotspur memastikan diri lolos sebagai juara grup meskipun kalah dari APOEL dan Real Madrid mengalahkan Dortmund pada laga terakhir. Hal itu karena Tottenham tidak terkalahkan dari Madrid dari dua pertemuan di grup ini. Madrid sendiri dipastikan lolos sebagai runner-up grup H.

Pertempuran akan terjadi untuk peringkat tiga antara APOEL dengan Borussia Dortmund. Kedua kesebelasan itu memiliki head-to-head dan selisih gol pertemuan yang sama. Hal itu karena setiap pertemuan mereka berakhir dengan skor 1-1. Maka pertandingan pekan ke-6 nanti akan sangat menentukan dalam perebutan tiket ke Liga Eropa nanti.

Komentar