Tavecchio: Susunan Pemain Ventura Salah!

Berita

by redaksi

Tavecchio: Susunan Pemain Ventura Salah!

Italia dipastikan takkan berlaga di Piala Dunia 2018 usai kalah agregat 0-1 dari Swedia pada babak play-off. Meski enggan mundur, pelatih timnas Italia, Gian Piero Ventura, akhirnya telah resmi dipecat federasi sepakbola Italia (FIGC). Keputusan itu langsung diambil oleh presiden FIGC, Carlo Tavecchio.

Kegagalan Italia memang berdampak pada sorotan tajam publik terhadap dua sosok, yakni Ventura dan Tavecchio. Namun keduanya enggan mundur dari jabatannya. Dari situlah Tavecchio melimpahkan kesalahan atas gagalnya Italia pada Ventura, pelatih yang sebenarnya dipilih olehnya. Tavecchio menyoroti susunan pemain yang diturunkan Ventura saat hadapi Swedia.

"Yang diperdebatkan adalah hal teknik. Dia [Ventura] benar-benar melakukan keputusan salah pada susunan pemain. (Kegagalan) ini merupakan kesalahan pelatih," kata Tavecchio saat diwawancarai Le Iene. "Saya tahu [Ventura dipilih olehnya sendiri]. Saya juga tidak tidur empat hari karenanya."

Lebih jauh, Tavecchio memberikan pendapatnya tentang kesalahan strategi yang diterapkan Ventura pada dua leg melawan Swedia. Menurutnya, melihat para pemain yang punya postur tinggi, seharusnya Italia bermain dengan bola-bola bawah, bukan meladeni bola-bola atas.

"Kami harusnya mengepung para pemain Swedia yang besar itu dengan para pemain bertubuh mungil, menjaga bola tetap di tanah. Sayangnya, para pemain tersebut ada di bangku cadangan. Makanya saya bilang ini benar-benar kesalahan susunan pemain," sambung Tavecchio.

Kini Italia tengah mencari pelatih anyar. Nama Carlo Ancelotti menjadi favorit karena punya pengalaman dan sederet prestasi bersama kesebelasan-kesebelasan yang pernah ia tukangi. Meski begitu, mantan pelatih AC Milan tersebut menolak tangani timnas Italia.

"Saya rasa sekarang itu tidak mungkin," kata agen kenamaan Italia yang cukup dekat dengan Ancelotti, Giovanni Branchini. "Carlo [Ancelotti] menghormati semua orang, tapi menurutnya saat ini bukan waktu yang tepat untuknya menukangi timnas Italia."

Gagal meminang Ancelotti, Italia kemungkinan akan cukup kesulitan mendapatkan pelatih idaman. Para pelatih kenamaan Italia masih terikat dengan klub, seperti Antonio Conte (Chelsea), Roberto Mancini (Zenit), dan Massimilliano Allegri (Juventus).

Sementara itu, para pelatih Italia yang masih menganggur dan cukup punya reputasi adalah Walter Mazzarri, Francesco Guidolin, Massimmo Oddo, dan Eduardo Reja. Italia tentu akan sangat hati-hati dalam memilih pelatih anyar agar kegagalan fatal seperti yang dilakukan dalam menunjuk Ventura tak kembali terulang.

Komentar