Siapa Saja yang Sudah Lolos Piala Dunia 2018?

Berita

by redaksi

Siapa Saja yang Sudah Lolos Piala Dunia 2018?

Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah memasuki tahap akhir. Sebanyak 23 kesebelasan negara (sangara) sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia (termasuk tuan rumah). Sembilan tiket lain masih diperebutkan oleh negara-negara lain, baik itu dalam bentuk play-off maupun dalam bentuk sisa pertandingan kualifikasi yang masih menentukan.

Beberapa negara besar yang sempat diprediksi tidak lolos mulai menunjukkan tajinya pada pertandingan terakhir babak kualifikasi. Lewat trigol Lionel Messi, Argentina berhasil menaklukkan Ekuador untuk mengunci tiket lolos langsung ke putaran final Piala Dunia tanpa melalui fase play-off. Peru dan Kolombia berbagi angka, dan ini terbukti saling menguntungkan karena Kolombia lolos ke Piala Dunia, sedangkan asa Peru belum mati karena ada fase play-off yang masih bisa mereka jalani.

Portugal berhasil lolos tanpa lewat fase play-off setelah menaklukkan Swiss di laga terakhir babak kualifikasi. Prancis, Spanyol, Belgia, serta Inggris juga berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menang di pertandingan terakhir kualifikasi. Namun kisah tidak selalu berakhir manis. Walau meraih kemenangan 2-0 atas Swedia, Belanda tetap tidak lolos ke Piala Dunia, bahkan babak play-off sekalipun karena kalah selisih gol atas Swedia. Pun dengan Wales yang gagal bersaing dengan Serbia dan Rep. Irlandia.

Sementara itu di Afrika, masih ada tiga tempat yang diperebutkan sampai November 2017 nanti, menyusul Mesir dan Nigeria yang sudah memastikan diri lolos. Berikut adalah daftar lengkap negara-negara yang sudah lolos ke Piala Dunia, dan beberapa babak play-off yang harus dijalani.

Zona UEFA

Dari 13 tiket untuk zona UEFA di Piala Dunia 2018, sebanyak sembilan tiket sudah dikantongi oleh para juara grup di babak kualifikasi. Mereka adalah Prancis, Portugal, Serbia, Islandia, Polandia, Spanyol, Inggris, Jerman, dan Belgia. Sebanyak empat tiket sisa akan diperebutkan oleh delapan tim runner-up yang akan bertarung dalam babak play-off dua leg yang akan berlangsung pada 9-11 November 2017 (leg pertama) serta 12-14 November 2017 (leg kedua).

Adapun delapan tim yang akan bertanding adalah Kroasia, Denmark, Swiss, Yunani, Italia, Irlandia Utara, Swedia, dan Rep. Irlandia. Delapan tim ini akan terbagi dalam dua pot, dan masing-masing pot ditentukan berdasarkan peringkat di antara runner-up itu sendiri.

Info lengkap mengenai play-off zona Eropa, bisa Anda baca di sini

Zona AFC

Zona AFC maksimal bisa mendapatkan lima tiket yang disediakan FIFA di putaran final Piala Dunia 2018. Empat tiket sudah didapatkan oleh Iran, Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan. Satu tiket lain akan diperebutkan oleh Australia dan Honduras dalam babak play-off antar konfederasi. Australia sendiri mendapatkan tiket play-off antar konfederasi ini usai mengalahkan Suriah dalam babak keempat kualifikasi Piala Dunia zona AFC untuk menentukan siapa yang akan melawan wakil dari peringkat empat zona CONCACAF di babak Hexagonal.

Jika Australia menang atas Honduras, maka wakil Asia di Piala Dunia akan bertambah satu. Jika tidak, maka wakil dari CONCACAF akan bertambah satu.

Zona CONCACAF

Untuk zona CONCACAF, maksimal empat jatah disediakan oleh FIFA di Piala Dunia 2018. Tiga tiket sudah didapatkan oleh Meksiko, Kosta Rika, serta Panama. Satu tiket masih diperebutkan antara Honduras dan Australia dalam babak play-off antar konfederasi. Jika Honduras berhasil menang atas Australia, maka wakil CONCACAF di Piala Dunia 2018 akan bertambah satu.

Zona CONMEBOL

Untuk zona CONMEBOL sendiri, ada lima tiket yang disediakan oleh FIFA. Sejauh ini, sudah empat tim yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka adalah Brasil, Uruguay, Argentina, dan Kolombia. Peru masih harus bertanding dengan Selandia Baru dalam babak play-off antar konfederasi. Jika Peru menang, maka wakil dari CONMEBOL akan bertambah satu. Jika mereka kalah, maka zona OFC (Oseania) akan mengirimkan satu wakilnya ke Piala Dunia.

Zona CAF

Untuk zona CAF sendiri, ada lima jatah yang diberikan oleh FIFA di Piala Dunia 2018. Sementara itu baru dua tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dari CAF, yakni Mesir dan Nigeria. Sisa tiga tiket lain masih akan diperebutkan sampai akhir babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CAF. Negara-negara seperti Pantai Gading, Maroko, Senegal, dan Tunisia masih berpeluang lolos.

Zona OFC

Untuk zona OFC sendiri, mereka tidak memiliki tiket langsung lolos ke Piala Dunia. Setelah menjuarai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona OFC, Selandia Baru masih harus menghadapi peringkat lima dari zona CONMEBOL, Peru, untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2018. Jika Selandia Baru kalah dari Peru, maka OFC tidak akan memiliki wakil di Piala Dunia.

Baca juga: Para Bintang yang Hanya Akan Jadi Penonton di Piala Dunia 2018

***

Berikut ini daftar lengkap 23 negara yang sudah memastikan lolos ke Piala Dunia 2018, diurutkan berdasarkan yang lebih dulu memastikan lolos:

Rusia (tuan rumah)

Brasil (peringkat satu CONMEBOL)

Uruguay (peringkat dua CONMEBOL)

Argentina (peringkat tiga CONMEBOL)

Kolombia (peringkat empat CONMEBOL)

Iran (peringkat satu grup A AFC)

Korea Selatan (peringkat dua grup A AFC)

Jepang (peringkat satu grup B AFC)

Arab Saudi (peringkat dua grup B AFC)

Meksiko (peringkat satu CONCACAF)

Kosta Rika (peringkat dua CONCACAF)

Panama (peringkat tiga CONCACAF)

Perancis (peringkat satu grup A UEFA)

Portugal (peringkat satu grup B UEFA)

Jerman (peringkat satu grup C UEFA)

Serbia (peringkat satu gup D UEFA)

Polandia (peringkat satu grup E UEFA)

Inggris (peringkat satu grup F UEFA)

Spanyol (peringkat satu grup G UEFA)

Belgia (peringkat satu grup H UEFA)

Islandia (peringkat satu grup I UEFA)

Nigeria (peringkat satu grup B CAF)

Mesir (peringkat satu grup E CAF)

(sf)

Komentar