Tampil Cemerlang, Indonesia Lolos ke Piala Asia U16

Berita

by redaksi

Tampil Cemerlang, Indonesia Lolos ke Piala Asia U16

Sebuah prestasi akhirnya menghiasi timnas Indonesia. Setelah gagal di ajang Piala AFF 2016, kalah di ajang SEA Games 2017, serta tumbang di ajang Piala AFF U18, timnas U16 Indonesia menorehkan prestasi dengan lolos ke Piala Asia U16 setelah mereka menjadi juara grup dalam babak kualifikasi Piala Asia U16.

Tergabung di Grup G bersama Timor Leste, Laos, Kepulauan Mariana Utara, serta tim tuan rumah Thailand, Indonesia mencatatkan hasil sempurna dengan raihan 12 poin, hasil dari empat kemenangan pertandingan dalam fase grup. Dengan hasil ini, Indonesia memastikan satu tempat di ajang Piala Asia U16 yang akan di helat di Malaysia pada 2018 mendatang.

Kecemerlangan timnas U16 Indonesia dalam babak kualifikasi Piala Asia U16 ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan, di tengah seretnya prestasi timnas Indonesia dalam beberapa ajang multinasional yang diikuti.

Sebuah oase tersendiri

Sejak akhir 2016 sampai terakhir September 2017, timnas Indonesia mengikuti cukup banyak ajang multinasional. Di akhir 2016, Indonesia mengikuti ajang Piala AFF 2016. Dengan ekspektasi yang tidak terlalu besar, Indonesia mampu mencapai babak final. Namun, gelar juara belum bisa diraih setelah di babak final mereka kalah oleh Thailand dengan total agregat 3-2.

Memasuki 2017, meski tidak ada agenda timnas Indonesia senior di ajang multinasional (selain uji tanding melawan Kamboja, Fiji, serta Puerto Rico), timnas usia Indonesia mengikuti cukup banyak ajang. Timnas U16 mengikuti ajang Piala AFF U15 yang diadakan di Myanmar, serta kualifikasi Piala Asia U16.

Timnas U22 mengikuti ajang SEA Games 2017 serta kualifikasi Piala Asia U23. Sedangkan timnas U19 mengikuti Piala AFF U18 serta kualifikasi Piala Asia U19. Khusus untuk ajang kualifikasi Piala Asia U19, Indonesia akan lolos terlepas dari apapun hasilnya karena Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Piala Asia U19.

Dari sekian banyak ajang tersebut, kegagalan demi kegagalan diraih Indonesia. Piala AFF U15, Indonesia gagal menembus fase grup. Dalam ajang kualifikasi Piala Asia U23 serta SEA Games 2017, timnas U22 Indonesia gagal memberikan prestasi yang maksimal setelah gagal lolok ke Piala Asia U23 serta hanya meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2017.

Timnas U19 Indonesia pun gagal memberikan prestasi dalam ajang Piala AFF U18. Posisi ketiga adalah posisi terbaik yang didapat Indonesia, setelah mereka dikalahkan Thailand di babak semifinal (Thailand akhirnya keluar sebagai juara). Gelar juara seakan tidak mau menghampiri Indonesia.

Oleh karena itu, lolosnya timnas U16 Indonesia merupakan sebuah oase tersendiri bagi Indonesia di tengah kegagalan demi kegagalan yang diraih pada 2017 ini. Hal ini sekaligus membayar kegagalan timnas U16 Indonesia dalam ajang Piala AFF U15 silam di Thailand.

Penampilan dan materi pemain yang cukup menjanjikan

Timnas U16 Indonesia tampil dominan dalam ajang ini. Selain lolos dengan hasil sempurna berupa 12 poin dari empat kemenangan, total gol yang dicetak oleh Indonesia di babak kualifikasi ini bisa dibilang cukup sensasional. Total Indonesia menorehkan 25 gol dan hanya kemasukan satu gol saja. Kemenangan terbesar mereka raih atas Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0.

Selain penampilan yang cukup menjanjikan, beberapa pemain juga menunjukkan potensi yang tidak kalah baik. Pemain-pemain seperti Sutan Diego Armando Zico, Amanar Abdillah, Hamsa Lestaluhu, serta Rendy Juliansyah menjadi sebuah masa depan yang cerah bagi Indonesia. Keberhasilan mereka lolos ini menunjukkan bahwa Indonesia belum kehabisan talenta-talenta untuk masa depan.

Dengan hasil yang ditunjukkan oleh para pemain timnas U16 Indonesia ini, boleh-boleh saja percaya diri bahwa Indonesia akan berbicara banyak dalam ajang Piala Asia U16 nanti. Penampilan serta materi pemain yang menjanjikan adalah bekal tersendiri bagi para remaja ini untuk turun di ajang yang akan di helat pada 2018 tersebut.

Namun, besar kepala adalah hal yang harus dihindari jauh-jauh. Karena besar kepala ini, dan juga mental yang kurang baik, Indonesia kerap tergelincir di ajang-ajang multinasional.

Ayo Indonesia!

(sf)

Komentar