Pelatih Barcelona Sesali Cedera Ousmane Dembele Sekaligus Memuji Paulinho

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Pelatih Barcelona Sesali Cedera Ousmane Dembele Sekaligus Memuji Paulinho

Beban berat pasti dipikul Ousmane Dembele ketika memutuskan pindah dari Borussia Dortmund ke Barcelona. Hal itu karena ia memikul label pemain muda seharga 105 juta euro sekaligus menggantikan peran Neymar yang pindah ke Paris Saint-Germain (PSG).

Harga mahal itu diharapkan Dembele harus lebih sukses daripada pemain depan Prancis yang sebelumnya pernah memperkuat Barcelona, seperti Ludovic Giuly dan Thierry Henry. Perpindahan pesepakbola remaja dengan harga mahal memang menjadi fenomena pada bursa transfer musim panas lalu. Selain Dembele, Kylian Mbappe pun dipinjam PSG dari AS Monaco dan akan ditebus 180 juta euro. Bahkan Mbappe juga mengaku bahwa ia mempengaruhi kepindahan Dembele ke Barcelona.

"Kami berbicara dan dia bertanya kepada saya apa yang saya pikirkan. Saya menyuruhnya pergi ke sana (Barcelona) karena ini adalah kesempatan besar baginya. Dia benar-benar bisa menjadi pemain hebat bersama (Lionel) Messi dan (Luis) Suarez di dalam serangan (Barcelona). Dia akan semakin baik, dia sudah memiliki bakat yang luar biasa, tapi dia masih bisa lebih maju lagi," aku Mbappe seperti dikutip dari ESPN FC.

Dembele pun menjalani debutnya ketika Barcelona mengalahkan Espanyol dengan skor 5-0 di Stadion Camp Nou, Sabtu (9/9). Saat itu Dembele masuk menggantikan Gerard Deulofeu pada menit 68` sebagai sayap kanan pada formasi 4-3-3 dan baru bisa memberikan asis kepada Suarez pada menit 90`. Dembele baru mulai bermain sejak menit pertama ketika mengalahkan Juventus dengan skor 3-0 pada pertandingan grup D Liga Champions 2017/2018.

Usai pertandingan, Dembele merayakan kemenangan dengan meminta seragam Messi untuk dibawa pulang, "Dembele memberikan kami permainan yang lebar, sesuatu kehilangan dari kami dan kami membutuhkannya. Dia bisa dimainkan di kiri atau kanan, atau bahkan di tengah. Dia cepat dan dia bagus secara teknis. Kami berharap dia akan banyak menambah kekuatan tim. Kami sangat senang bisa memilikinya," ujar Ernesto Valverde selaku Pelatih Barcelona.

"Perkembangannya sangat menakjubkan. Beberapa tahun yang lalu dia hampir tidak dikenali siapapun, tapi sekarang dia adalah pemain dengan kualitas tinggi. Barca sudah telah mengikutinya dalam beberapa waktu terakhir seperti tim lain. Dan tahun lalu (bersama Dortmund) dia membuktikan bahwa dia adalah pemain tinggkat atas. Kami memiliki banyak harapan yang tersimpan dari dalam dirinya," sambungnya seperti dikutip dari Express.

Setelah menjalani debut sejak menit pertama bersama Barcelona di Liga Champions, berikutnya Dembele menjajal hal yang sama di La Liga ketika melawan Getafe di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (16/9). Tapi setelah mengejar bola dan dioper kepada Suarez, Dembele tiba-tiba membungkuk sambil memegang paha belakangnya dan kemudian duduk selonjoran di lapangan. Kemudian pemain 20 tahun itu harus digantikan Deulofeu setelah diperiksa tim medis Barcelona.

"Ousmane Dembele mengalami cedera hamstring di kaki kirinya. Dibutuhkan lebih banyak pemeriksaan untuk mengetahui tingkat bahaya cederanya," tulis pernyataan resmi Barcelona. "Ada masalah di ototnya. Kami pikir ini menyedihkan, tapi besok kami akan melakukan lebih banyak pemeriksaan. Ini menyedihkan karena dia baru saja bangkit dengan tim ini secara dinamis. Kami harap dia tidak akan keluar dalam waktu yang lama," tambah Valverde usai pertandingan.

Diperkirakan Dembele akan absen dalam tiga pertandingan Barcelona selanjutnya, yaitu saat menghadapi Eibar dan Girona pada pertandingan La Liga, kemudian diragukan tampil ketika melawan Sporting Lisbon di Liga Champions. Sementara itu, sejauh ini Dembele baru menyumbangkan satu asis dan belum mencetak gol untuk Barcelona. Padahal musim lalu ia mampu membekukan enam gol dan 12 asis dari 32 pertandingan Bundesliga bersama Dortmund.

Di sisi lain, Neymar bersama PSG sudah menyumbangkan empat gol dan empat asis dari empat pertandingan Ligue 1. Begitu pun dengan Mbappe yang sudah menyumbangkan satu gol dan satu asis dalam satu pertandingan Ligue 1 bersama PSG, "Dia (Dembele) semakin baik di setiap waktu latihan, tapi kami akan melihat bagaimana dia menyempurnakannya. Kami harap dia bisa tetap memberikan kami lebih dan lebih. Anda selalu bertanya tentangnya, tapi kami butuh memberikannya waktu," imbuh Valverde.

Tapi ia justru memuji rekrutan baru lainnya pada kemenangan atas Getafe dengan skor 2-1 tersebut. Pujian itu dilontarkan kepada Paulinho yang menjadi penentu kemenangan Barcelona atas golnya pada menit 84`, "Di Brasil, dia adalah kapten pada jeda internasional terakhir. Jadi seharusnya ini bisa memberi tahu Anda semuanya, Anda harus tahu tentangnya, dia adalah pemain yang hebat," tegas Valverde seperti dikutip dari Daily Mail.

Paulinho sendiri merupakan pemain yang didatangkan dari Guangzhou Evergrande seharga 40 juta euro pada bursa transfer musim panas lalu. Ia menjalani debut di Barcelona ketika mengalahkan Alaves pada 26 Agustus lalu setelah menggantikan Andres Iniesta saat pertandingan sudah berjalan 87 menit. Golnya ke gawang Getafe itu merupakan yang pertama untuk Barcelona setelah menjalani tiga pertandingan La Liga 2017/2018.


Sumber lain: SB Nations.

Komentar