Absennya Lima Pemain Kunci Bisa Lemahkan Juventus Saat Hadapi Barca

Berita

by redaksi

Absennya Lima Pemain Kunci Bisa Lemahkan Juventus Saat Hadapi Barca

Jika beberapa tahun lalu Juventus tak begitu diunggulkan saat bertemu Barcelona, mulai sekarang Si Nyonya Tua mungkin akan lebih dijagokan. Begitu juga dengan pertemuan pertama keduanya pada Liga Champions 2017/2018 di mana kedua tergabung di Grup D. Barcelona menjamu Juventus pada Rabu (13/9) dini hari WIB.

Hengkangnya Neymar ke Paris Saint-Germain seolah melengkapi inferioritas Barcelona yang musim lalu "hanya" meraih Copa del Rey. Bagaimanapun, kesebelasan seperti Barca harus bisa berprestasi lebih, kesuksesan bagi mereka adalah meraih juara La Liga atau Liga Champions.

Sementara itu Juventus terus menancapkan dominasinya di Serie A. Di Liga Champions, dua kali ke final dalam tiga tahun terakhir jelas menunjukkan level kesebelasan asal Turin tersebut di Eropa. Kini, Juve merupakan kandidat juara Liga Champions setiap musimnya.

Namun untuk pertemuan pertama di Grup D kali ini, Barcelona tampaknya akan lebih bisa merepotkan Juventus. Hal ini dikarenakan situasi kubu tamu yang pincang. Tak tanggung-tanggung, Juve dipastikan tidak akan diperkuat oleh delapan pemainnya saat melawat ke Camp Nou malam nanti.

Pemain Juve yang absen pun merupakan pemain-pemain penting. Mereka adalah Claudio Marchisio, Sami Khedira, Mario Mandzukic, Giorgio Chiellini, dan Juan Cuadrado (suspensi kartu). Benedikt Hoewedes tidak dibawa ke Spanyol karena kebugarannya masih di bawah 100%. Sementara itu Stephan Lichtsteiner dan Marko Pjaca tidak masuk dalam daftar skuat Liga Champions Juventus.

Sebenarnya, Alex Sandro pun sedang dalam kondisi tidak fit. Bek asal Brasil tersebut tidak diturunkan pada pertandingan liga akhir pekan lalu melawan Chievo karena cedera. Namun kemungkinan besar Alex Sandro akan tetap dimainkan sejak menit pertama pada laga melawan Barca ini.

Juve sendiri sebenarnya masih punya banyak pemain berkualitas untuk menjadi pengganti pemain-pemain yang absen. Mandzukic dan Cuadrado bisa digantikan oleh Douglas Costa dan Federico Bernardeschi. Khedira bisa digantikan Blaise Matuidi. Sementara itu Daniele Rugani dan Medhi Benatia bisa menjadi tandem ideal bagi Andrea Barzagli di jantung pertahanan.

Sementara itu, tak seperti Juve, Barcelona bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya. Satu-satunya pemain yang dipastikan absen adalah Rafinha. Sergi Roberto yang sempat mengalami cedera bisa diturunkan sejak menit pertama, apalagi Nelson Semedo sempat mendapatkan cedera ringan.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde, bisa menurunkan skema 4-3-3 andalannya pada laga ini. Ousmane Dembele akan menemani Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan. Andres Iniesta akan menjadi motor serangan bersama Ivan Rakitic dan Sergio Busquets di lini tengah. Barca tetap bisa memainkan pemain-pemain yang membuat mereka meraih tiga kemenangan beruntun tanpa kebobolan sekalipun di La Liga.

Tapi sama seperti Barca, Juventus pun menyapu bersih tiga kemenangan awal Serie A. Hanya saja absennya para pemain kunci Juventus akan sedikit melemahkan skuat asuhan Massimilliano Allegri ini. Walau begitu, dengan skuat Juve yang tak jauh berbeda dengan musim lalu, bahkan adanya Matuidi dan Douglas Costa yang berpengalaman di Liga Champions, Juve tampaknya masih bisa mencuri satu poin pada laga ini.

Komentar