Saling Koreksi Kesalahan Sebelum Laga Persib Lawan Semen Padang

Berita

by redaksi

Saling Koreksi Kesalahan Sebelum Laga Persib Lawan Semen Padang

Kesalahan adalah hal yang lumrah terjadi di dalam sebuah pertandingan. Meminimalisir kesalahan bisa mengantarkan sebuah tim kepada sebuah kemenangan. Hal inilah yang disadari oleh Emral Abus dan Nil Maizar jelang laga antara Persib melawan Semen Padang.

Persib dan Semen Padang akan saling bersua dalam lanjutan pekan ke-23 Liga 1 2017 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung. Pertandingan ini adalah pertandingan yang cukup penting bagi kedua tim dalam upaya mereka menaikkan posisi mereka di klasemen sementara Liga 1 2017. Persib sekarang berada di peringkat sembilan klasemen sementara, sedangkan Semen Padang berada di peringkat 13 klasemen sementara.

Untuk memenangkan pertandingan tersebut, kedua tim pun melakukan berbagai upaya agar dapat memenangkan pertandingan yang akan dihelat pada Sabtu (9/9/2017) sore. Salah satu upaya yang dilakukan kedua pelatih adalah dengan mengoreksi kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan dalam pertandingan-pertandingan sebelumnya. Hal ini pun ditegaskan oleh pelatih kedua tim, baik itu oleh Emral Abus maupun oleh Nil Maizar.

Menurut Emral, pelatih yang sudah melakukan laga perdananya bersama Persib dalam laga melawan Sriwijaya FC ini, kemenangan yang mereka raih pada laga melawan SFC, Senin (4/9/2017) tidak lantas membuat mereka jemawa. Ia pun menegaskan bahwa evaluasi tetap dilakukan, termasuk mengoreksi kesalahan yang mereka lakukan dalam laga melawan Sriwijaya FC walau "Maung Bandung" meraih kemenangan dengan skor 4-1.

"Selesai pertandingan melawan SFC, staf pelatih langsung melakukan analisis kelemahan dan kesalahan yang dilakukan Persib dalam laga tersebut. Kami juga sudah lihat kelebihan dan kekurangan Semen Padang. Insha Allah Persib siap untuk menghadapi Semen Padang. Apalagi tim sedang dalam suasana kondusif. Meski saya jarang ke Bandung, jarak jauh, komunikasi dengan staf pelatih tidak putus. Diskusi tetap jalan antar pelatih, terutama soal program yang sudah kami siapkan," ujar Emral.

Di sisi lain, pelatih Semen Padang, Nil Maizar pun menekankan bahwa koreksi kesalahan penting untuk dilakukan. Untuk evaluasi, ia juga sudah melakukannya dengan staf pelatih, terutama jelang laga-laga krusial seperti melawan Persib Bandung. Evaluasi ini, seperti yang diungkapkan Nil, penting dalam upaya mereka untuk mengurangi kesalahan sekecil apapun yang mungkin saja terjadi dalam sebuah pertandingan.

"Evaluasi sudah kami lakukan, terutama setelah pertandingan-pertandingan krusial. Sebelum pertandingan, kami harus mempelajari permainan lawan, sehingga kami bisa mengantisipasi kesalahan sekecil apapun yang bisa saja terjadi di dalam pertandingan," ujarnya.

Kedua pelatih sudah mengungkapkan bahwa kesalahan adalah hal penting yang bisa memengaruhi hasil sebuah pertandingan. Batas antara kemenangan dan kekalahan bisa saja berada di dalam satu kesalahan yang terjadi di dalam pertandingan. Meminimalisir kesalahan, dengan cara evaluasi dan analisis, adalah salah satu upaya untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan.

(sf)

Komentar