Rekor Buruk Semen Padang Kala Bertandang ke Markas Persib

Analisis

by redaksi

Rekor Buruk Semen Padang Kala Bertandang ke Markas Persib

Persib akan menjamu Semen Padang dalam lanjutan pekan ke-23 Liga 1 2017 yang akan dihelat pada akhir pekan nanti, Sabtu (9/9/2017). Menghadapi Semen Padang, Persib kembali menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, seperti ketika laga melawan PS TNI dan Persegres Gresik United.

Pada putaran pertama Liga 1 2017, 13 Mei 2017 silam, Persib berhasil menahan imbang Semen Padang dengan skor kacamata di Stadion H. Agus Salim, Padang. Berbeda dengan saat di putaran pertama, Persib sekarang dipimpin oleh pelatih baru, yaitu Emral Abus. Pada laga pertamanya bersama Persib, pelatih berlisensi A AFC tersebut membawa Persib menggasak Sriwijaya FC dengan skor 4-1 di Stadion Jakabaring.

Berbanding terbalik dengan Persib, Semen Padang justru cukup sulit meraih hasil maksimal di putaran kedua ini. Di laga sebelumnya, saat tim arahan Nil Maizar itu melawat ke markas Persipura, Stadion Mandala, laga tersebut berakhir dengan kekalahan 0-3 untuk Semen Padang (Baca juga: Saling Koreksi Kesalahan Sebelum Laga Persib Lawan Semen Padang).

Lima pertandingan terakhir kedua tim, "Pangeran Biru" lebih diunggulkan

Persib cukup diunggulkan pada pertandingan kali ini, selain mempunyai keuntungan dengan bermain di markasnya sendiri, dalam lima pertandingan terakhir Persib lebih unggul dari Semen Padang.

Persib berhasil mengalahkan Sriwijaya FC, PS TNI, dan Persegres Gresik United serta berhasil menahan imbang Persipura dan Arema pada laga tandang, raihan yang cukup baik mengingat semua peserta Liga 1 sulit ketika melawat ke markas lawan, salah duanya adalah ke markas Arema dan Persipura.

Sedangkan di kubu Semen Padang, dari lima pertandingan terakhir mereka hanya meraih satu kemenangan, yaitu atas Persegres Gresik United. Sisanya mereka hanya mencatatkan dua hasil imbang ketika berhadapan dengan Borneo FC dan Sriwijaya FC, serta dua kekalahan yang mereka dapatkan ketika bertanding melawan Persipura dan Bali United.

Dari segi torehan memasukkan dan kemasukan, Persib sedang mengalami masa subur sejak Ezechiel Ndouassel datang di awal paruh musim. Total Persib berhasil memasukkan 13 gol dan hanya dua kali kemasukan gol dari lima pertandingan terakhir mereka.

Paceklik gol justru dialami oleh kubu Semen Padang. Dari lima pertandingan yang sudah dijalani tim ‘Kabau Sirah’ hanya mampu melesatkan enam gol dan kemasukan delapan gol yang berarti tim ini mempunyai dua defisit gol pada lima pertandingan sebelumnya. Kondisi inilah yang membuat Semen Padang sulit beranjak dari zona degradasi.

Lima pertemuan terakhir imbang, namun...

Meski dari lima pertemuan terakhir keduanya mencatatkan rekor imbang dengan dua kemenangan untuk Persib, dua kemenangan untuk Semen Padang, dan sekali laga yang berakhir imbang, namun Semen Padang belum mampu mengalahkan Persib jika harus melawat ke Bandung. Belum lagi Persib sedang dalam keadaan terbaiknya setelah meraih hasil positif dalam beberapa pertandingan terakhir.

Semen Padang sebetulnya mempunyai penyerang lokal baru yang didapatkan ketika paruh musim yaitu Muchlis Hadi Ning tetapi pemain ini belum banyak berkontribusi untuk Semen Padang sampai sejauh ini. Pada laga kali ini Nil Maizar harus benar-benar memutar otak untuk bisa mengamankan minimal satu poin di kandang Persib sebab jika tidak Semen Padang akan makin sulit untuk bangkit dan menjauhi papan bawah klasemen sementara.

Pemain kunci

Nama baru yang mencuri perhatian dalam tiga pertandingan terakhir Persib ialah Ezechiel N`Douassel. Sejauh ini pemain asal Chad itu telah mencatatkan dua gol dan lima asis untuk Persib Bandung.

Meski baru bermain dalam tiga pertandingan tetapi raihannya sejauh ini cukup impresif dengan persentase 39,2% duel udara sukses, 0.7 kali percobaan menggiring bola di setiap pertandingan, dan satu umpan kunci per pertandingan. Persentase 31,3% tendangan tepat sasaran juga melengkapi raihannya sebagai penyerang baru di Persib Bandung.

Sedangkan di kubu Semen Padang, Persib harus mewasapadai Marcel Silva Sacramento. Penyerang yang belum tergantikan di kubu Semen Padang ini telah mencatatkan lima gol dan lima asis. Ia mencatatkan persentase 61% duel udara sukses, 1,6 kali percobaan menggiring bola tiap pertandingan, 0,4 umpan kunci per pertandingan, dan persentase 46,4% tendangan tepat sasaran. Pemain asal Brasil ini pun menjadi pencetak gol terbanyak untuk Semen Padang sejauh ini.

***

Meski Marcel Sacramento unggul dalam beberapa aspek dari N’Douassel, tetapi Persib Bandung dihuni oleh banyak pemain-pemain yang cukup mumpuni. Tim tuan rumah mempunyai kedalaman skuat yang lebih baik dari Semen Padang. Bukan tugas mudah untuk Nil Maizar mencuri poin di kandang Persib, tetapi bukan tidak mungkin Semen Padang dapat mempersulit Persib di kandangnya sendiri, jika para pemain Semen Padang ini bisa memanfaatkan sedikit kesempatan yang ada pada laga nanti.

(gil/sf)

Komentar