Peringkat Lima di Ajang HWC 2017, Peningkatan Prestasi dari Tahun Lalu

Berita

by redaksi

Peringkat Lima di Ajang HWC 2017, Peningkatan Prestasi dari Tahun Lalu

Indonesia berhasil meraih peringkat kelima dalam ajang Homeless World Cup 2017 yang dihelat di Oslo, Norwegia. Bertanding melawan Portugal dalam perebutan peringkat kelima di City Hall, Oslo, pada Selasa (5/9/2017) sore waktu setempat, Indonesia meraih kemenangan dengan skor 6-5.

Sementara itu, gelar juara Homeless World Cup 2017 jatuh ke tangan Brasil yang berhasil menaklukkan Meksiko dengan skor 3-4, Meksiko sendiri adalah lawan yang sukses mengalahkan Indonesia dalam babak trofi (Trophy Stage) dengan skor yang sama, yaitu 3-4. Indonesia baru bisa bersaing dalam pertandingan perebutan tempat kelima usai mengalahkan Bosnia-Herzegovina dengan skor 4-3.

Pertandingan melawan Portugal berlangsung dengan cukup sengit. Di bawah guyuran hujan dan lapangan yang licin, kedua tim silih berganti melakukan serangan dan mencetak gol. Ketika pertandingan memasuki menit akhir, dan kedudukan masih imbang 5-5, Gian Sopian alias Izur muncul sebagai pahlawan dan mencetak gol untuk mengantarkan Indonesia mengalahkan Portugal.

Memanfaatkan bola muntah hasil dari tendangan salah satu rekannya, Rinaldi Zainal, Izur menendang bola ke arah gawang Portugal dari tengah lapangan. Bola hasil tendangan Izur pun meluncur masuk ke gawang dan mengubah kedudukan menjadi 6-5. Semua bersorak, bahkan suporter Indonesia yang datang menonton ke City Hall pun larut dalam kebahagiaan tersebut. Salah satu yang hadir adalah duta besar Indonesia untuk Norwegia, Yuwono A. Putranto.

Seusai pertandingan, Yuwono mengungkapkan rasa bangganya atas perjuangan timnas Indonesia dalam ajang Homeless World Cup 2017 ini. "Ini pertandingan extraordinary. Selamat, khususnya untuk Tim Nasional Indonesia!” ucapnya memberikan apresiasi untuk hasil yang sudah diraih oleh Indonesia.

Dengan hasil ini, Indonesia memperbaiki raihan prestasi tahun lalu dalam ajang Homeless World Cup 2016 Skotlandia dengan meraih peringkat lima. Dalam HWC 2016 sebelumnya di Skotlandia, timnas Indonesia finish di urutan ketujuh. Peringkat terbaik timnas Indonesia yang dimotori oleh Rumah Cemara dalam ajang HWC diraih pada gelaran HWC 2012 yang dihelat di Meksiko. Saat itu, timnas meraih peringkat keempat.

Timnas Indonesia untuk ajang HWC 2017 tiba di Oslo sejak Sabtu, 26 Agustus 2017 pagi waktu setempat. Mereka sudah bermain sejak babak penyisihan yang dimulai pada 29 Agustus lalu hingga upacara penutupan yang digelar Selasa (5/9/2017) malam. Timnas akan kembali ke tanah air pada Kamis (7/9/2017), pukul 15.10 WIB dengan pesawat Qatar Airways QR956. Warga Indonesia yang bersimpati pada perjuangan timnas HWC 2017 diharapkan menyambut kedatangan mereka di terminal 2 bandara Soekarno-Hatta.

(sf)

Komentar