Oleh-oleh Mudik Sami Khedira

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Oleh-oleh Mudik Sami Khedira

Setelah hampir beberapa tahun lamanya tidak menyambangi kampung halamannya, Sami Khedira akhirnya mudik ke Stuttgart. Ia mudik ke sana untuk menjalani laga bersama timnas Jerman. Mudik ke kampung halaman, Khedira membawa 1.200 tiket pertandingan yang ia bagikan kepada anak-anak kurang beruntung dan sedang berjuang melawan penyakit kanker.

Sudah hampir tujuh tahun lamanya Khedira meninggalkan VfB Stuttgart. Bagi Khedira sendiri, Stuttgart adalah tempatnya belajar bermain sepakbola, mengenal dunia sepakbola profesional, sebelum akhirnya ia memutuskan hijrah untuk petualangan yang lebih besar ke Real Madrid pada 2010 silam. Sejak saat itu, ia cukup jarang menginjakkan kaki lagi di Stuttgart.

Khedira baru kembali lagi ke Stuttgart pada kisaran 2015 silam. Ketika itu, ia mengadakan sebuah laga amal yang diperuntukkan bagi anak-anak kurang beruntung serta anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker. Hasil dari laga amal dua tahun lalu itu ia sumbangkan lewat yayasan yang dimiliki oleh Khedira sendiri.

Sekarang, Khedira kembali melakukan sesuatu bagi kota yang sudah ia anggap seperti kampung halamannya sendiri tersebut. Dua tahun setelah mengadakan laga amal di Mercedes-Benz Arena, Khedira kembali melakukan sesuatu yang cukup menyentuh.

Jelang laga antara Jerman melawan Norwegia yang dilangsungkan pada Selasa (5/9/2017) dini hari, pemain berusia 30 tahun tersebut membeli 1.200 tiket pertandingan Jerman-Norwegia. Tiket-tiket tersebut disumbangkan kepada anak-anak yang kurang beruntung dan sedang berjuang melawan penyakit kanker lewat 15 yayasan anak yang tersebar di daerah Stuttgart.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang baik untuk daerah kami setelah dua tahun silam saya mengadakan laga amal di sini. Laga timnas Jerman adalah sebuah situasi yang cocok untuk melakukan hal tersebut. Dengan dukungan dari keluarga, dan juga yayasan-yayasan anak yang ada di sini, saya mengundang anak-anak untuk menyaksikan laga Jerman melawan Norwegia, sesuatu yang mungkin jarang mereka dapatkan karena ketidakmampuan mereka," ujar Khedira disitat dari Daily Mirror.

Laga itu sendiri dimenangkan oleh Jerman dengan skor yang cukup mencolok, yaitu 6-0. Dengan kemenangan ini, peluang Die Mannschaft untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 semakin terbuka lebar. Sampai saat ini, baru Brasil, Belgia, Jepang, Iran, Meksiko, dan tuan rumah Rusia yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia 2018.

Bagi Khedira, memberikan kesempatan kepada anak-anak tersebut untuk menonton ke stadion adalah hal yang lebih berharga. Memang memberikan donasi dalam bentuk uang adalah sebuah hal yang baik, tapi memberikan kesempatan yang jarang bisa mereka dapatkan adalah sesuatu yang juga tidak kalah baik.

"Bagi saya pribadi, penting untuk tidak hanya memberikan donasi berupa uang semata kepada anak-anak tersebut, melainkan juga kesempatan yang bisa menjadi pengalaman berharga bagi mereka. Beberapa di antara mereka tidak punya kesempatan untuk menyaksikan pertandingan secara langsung ke stadion karena berbagai alasan. Di sini saya berusaha untuk memberikan kesempatan tersebut," ujar Khedira dilansir dari Daily Mail.

Selain memberikan tiket secara cuma-cuma, Khedira juga menemui anak-anak tersebut, memberikan tanda tangan dan juga ber-selfie bersama anak-anak tersebut. Sedikit melelahkan bagi Khedira, tapi hal itu akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi anak-anak tersebut. Sebuah oleh-oleh mudik yang luar biasa dari seorang Sami Khedira.

foto: @dw_sports

Komentar