Indonesia Butuh Tiga Kemenangan Untuk Melenggang ke Babak Trofi HWC 2017

Berita

by redaksi

Indonesia Butuh Tiga Kemenangan Untuk Melenggang ke Babak Trofi HWC 2017

Perjalanan timnas Indonesia dalam ajang Homeless World Cup 2017 yang digelar di Oslo, Norwegia, masih berlanjut. Setelah lolos dari babak penyisihan pertama, sekarang Indonesia berada di dalam babak penyisihan kedua dan sedang memperebutkan tiket menuju ke babak trofi HWC 2017.

Tergabung di grup A bersama Brasil, Denmark, Mesir, Belanda, dan Rumania, Indonesia masih punya peluang lolos ke babak trofi atau Trophy Stage, babak penentuan dalam ajang HWC 2017 ini. Namun untuk menuju ke sana, Indonesia membutuhkan tiga kemenangan lagi, karena persaingan di grup A ini terbilang cukup ketat. Indonesia juag sempat menderita kekalahan dari Brasil dengan skor 1-2 pada Sabtu (2/9/2017) siang waktu Norwegia, sekaligus menjadi kekalahan perdana Indonesia dalam ajang HWC 2017.

Meski sempat menderita kekalahan, pelatih timnas Indonesia dalam ajang HWC 2017 ini, Sabrun Hanapi, mengaku tidak khawatir. Ia percaya bahwa anak asuhannya bisa mendapatkan tiga kemenangan tersebut, dan salah satunya sudah mereka raih saat menaklukkan Mesir dengan skor 5-4. Tinggal kemenangan atas Denmark dan Belanda, maka Indonesia bisa melaju ke babak trofi atau Trophy Stage.

“Kita sudah membaca gaya permainan mereka. Saya tidak terlalu khawatir," ujar Sabrun jelang laga menghadapi Denmark.

Indonesia sendiri saat ini bersaing untuk masuk ke babak trofi bersama dengan 23 negara lain yang juga lolos ke babak kedua. Jika Indonesia lolos, maka mereka akan bersaing dengan delapan negara lainnya yang juga lolos ke babak trofi untuk memperebutkan trofi HWC 2017.

Namun hak untuk lolos ini hanya dimiliki oleh tim yang menduduki peringkat pertama dan kedua babak kedua. Sementara itu, tim yang berada di peringkat ketiga dan keempat akan memperebutkan trofi bernama Salvation Army Plate. Sedangkan tim yang menempati peringkat kelima dan keenam di tiap grup pada babak kedua ini berhak memperebutkan Tropi City of Oslo Bowl. Indonesia pernah memenangkan trofi sejenis dalam HWC 2015 yang berlangsung di Belanda dengan menjadi juara Amsterdam Cup.

Dukungan dari WNI menyemangati timnas HWC 2017

Selama berada di Oslo, Norwegia, timnas Indonesia yang berlaga di dalam ajang HWC 2017 kerap mendapatkan dukungan dari para WNI yang berada di Oslo. Dalam laga melawan Rumania yang berkesudahan dengan skor 5-3 untuk kemenangan Indonesia, tampak beberapa warga Indonesia yang sedang bermukim di Oslo datang menyaksikan pertandingan timnas Indonesia.

Beberapa warga Indonesia tersebut ternyata tidak hanya datang dari Oslo saja, melainkan dari beberapa kota lain yang berada di sekitaran Oslo. Selain memberikan dukungan kepada para pemain timnas HWC 2017 yang sedang bertanding, warga Indonesia ini pun menggelar prasmanan Indonesian food di sekitar Town Hall Area, tempat berlangsungnya ajang HWC 2017.

Para pemain Indonesia memberikan sambutan bagi WNI yang mendukung mereka di Oslo

Dukungan-dukungan ini pun memberikan semangat tersendiri bagi para pemain timnas Indonesia yang berlaga di ajang HWC 2017. Suntikan motivasi ini akan membuat Indonesia tidak sendiri, karena akan ada dukungan bagi para WNI untuk para pemain Indonesia yang berlaga di ajang HWC 2017.

NB: Saat tulisan ini ditulis, Indonesia meraih kemenangan atas Denmark dengan skor 6-3

(sf)

Komentar