Cristiano Ronaldo Kalahkan Pele, Samai Sandor Kocsis dan Dekati Ferenc Puskas

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Cristiano Ronaldo Kalahkan Pele, Samai Sandor Kocsis dan Dekati Ferenc Puskas

Cristiano Ronaldo terlihat rileks dan berada di dalam mood yang baik ketika latihan bersama Tim Nasional (timnas) Portugal jelang pertandingan jeda internasional. Nantinya, Ronaldo akan menghadapi Kepulauan Faroe dan Hongaria dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia.

Portugal sendiri sedang membutuhkan tiga poin untuk menduduki puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Kesebelasan negara besutan Fernando Santos itu saat ini berada di peringkat dua dan ingin tetap menjaga jarak dengan Swiss yang memucaki klasemen. Portugal sendiri tertinggal tiga poin dari Swiss. Posisi pertama memang niincar agar langsung lolos ke Piala Dunia tanpa melewati pertandingan play-off jika menempati peringkat dua klasemen akhir.

Pertandingan jeda internasional pertama akhir pekan ini pun dimulai dengan menghadapi Kepulauan Faroe. Ronaldo pun berhasil menjadi penentu terbesar kemenangan 5-1 atas lawannya tersebut. Hal itu karena ia langsung mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Kemudian pemain 32 tahun tersebut mencetak gol lagi pada menit 29`. Ronaldo pun menutup laganya dengan sempurna karena mencetak hattrick atas golnya pada menit 64`.

Sementara dua gol sisanya dicetak William Carvalho pada menit 58` serta Nelson Oliviera pada menit 84`. Tiga gol Ronaldo itu merupakan yang ke-43 kali dalam karirnya dan membuatnya mendekati rekor Ferenc Puskas sebagai pencetak gol terbanyak dari Eropa selama pertandingan internasional. Puskas sudah mencetak 84 gol dan sekarang Ronaldo sudah mengoleksi 78 gol dari 144 penampilan bersama Portugal.

Raihannya itu menyamakan namanya dengan Sandor Kocsis sebagai pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa dari Eropa di bawah Puskas. Walau masih belum bisa melampau Puskas, setidaknya Ronaldo bisa mengalahkan rekor Pele yang mencetak 77 gol pertandingan internasional. Pencapaian Ronaldo pun dipuji Santos setelah mengalahkan Kepulauan Faroe saat itu.

"Bukan berarti Cristiano lebih termotivasi. Saya belum pernah melihat Cristiano Ronaldo tidak termotivasi. Karakteristik utamanya adalah dia ingin menjadi pemenang. Dia selalu ingin menang dan berbuat lebih bai, lebih baik dan lebih baik. Jadi pastinya dia dan semua yang ada di sini akan merespon dengan baik," ujar Santos seperti dikutip dari ESPN FC.

Tiga gol Ronaldo juga membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Dunia 2018 bersamaan dengan Robert Lewandowski dari Polandia atas 11 golnya. Golnya pun membuat Portugal tetap menjaga jarak tiga poin dengan Swiss di klasemen sementara. Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Hongaria di Budapest pada akhir pekan ini, Minggu (3/8). Portugal sendiri menargetkan kemenangan mutlak dan Swiss terguling agar bisa lolos otomatis ke Piala Dunia tahun depan.

Mantan pemain Manchester United itu diperkirakan akan tampil habis-habisan menghadapi Hongaria nanti. Walau kebugarannya akan terkikikis, tapi Real Madrid selaku kesebelasan pemiliknya tidak akan terlalu khawatir jika melihat penampilan apik Marco Asensio. Pada pertandingan sebelumnya, Asensio memborong dua gol ketika melawan Valencia ketika menggantikan posisi Ronaldo saat itu.

Sumber lain: Marca

Komentar