Skenario-Skenario yang Mungkin Terjadi di Pengundian Grup Liga Champions 2017/2018

Berita

by redaksi

Skenario-Skenario yang Mungkin Terjadi di Pengundian Grup Liga Champions 2017/2018

Babak playoff Liga Champions musim 2017/2018 telah rampung. Sebanyak 32 kesebelasan sudah menantikan tempat mereka di dalam fase grup Liga Champions musim 2017/2018. Akan banyak kemungkinan yang terjadi di dalam pengundian grup Liga Champions musim 2017/2018 kelak.

Untuk pengundian babak grup Liga Champions 2017/2018 ada beberapa hal yang diberlakukan oleh pihak UEFA dalam menentukan grup-grup bagi para peserta Liga Champions musim 2017/2018. Sebanyak 32 tim akan dibagi ke dalam delapan grup, dengan masing-masing grup berjumlah empat kesebelasan.

Ketika babak pengundian, setiap tim akan dibagi ke dalam empat pot, dengan pot 1 berisikan juara bertahan dan juara liga dari tujuh asosiasi dengan nilai koefisien negara tertinggi di Eropa. Sedangkan pot 2 sampai pot 4 berisikan negara-negara yang disusun berdasarkan nilai koefisien UEFA yang mereka punya.

Untuk pengundian sendiri, UEFA memberlakukan beberapa aturan. Dua kesebelasan yang berasal dari satu negara yang sama tidak boleh berada di dalam satu grup. Lalu, sejak 17 Juli 2014, UEFA memberlakukan aturan baru bahwa kesebelasan yang berasal dari Rusia dan Ukraina tidak boleh berada di dalam satu grup karena tensi politik yang memanas antar kedua negara.

Agar menghindari hal tersebut (dua kesebelasan dari satu negara yang sama di dalam satu grup serta dua kesebelasan asal Ukraina dan Rusia di dalam satu grup), maka pengundian akan dipisah berdasarkan empat grup, yaitu A-D dan E-H. Hal ini mengurangi kemungkinan dua kesebelasan dari satu negara yang sama berada di dalam satu grup yang sama, juga kesebelasan asal Rusia dan Ukraina di dalam satu grup yang sama.

Selain itu, UEFA pun menerapkan kebijakan agar matchday terakhir babak fase grup Liga Champions tidak ada yang diadakan di Rusia, berhubung keadaan cuaca di Rusia pada waktu-waktu tersebut yang sedang memasuki musim dingin yang ekstrim. Kebijakan lain juga menyebut bahwa dua tim dalam satu kota (misal Atletico Madrid dan Real Madrid), tidak boleh menyelenggarakan partai kandang di saat yang sama, untuk menghindari keributan dan ke-hectic-an di kota yang bersangkutan.

Berikut adalah pembagian pot dari 32 kesebelasan yang akan berlaga di Liga Champions musim 2017/2018. Proses pengundian sendiri akan berlangsung di Nyon, Swiss, pada 22.30 WIB, disiarkan oleh Bein Sports 1.

Kemungkinan terjadinya grup neraka di Liga Champions 2017/2018

Melihat pembagian pot bagi 32 kesebelasan yang akan berlaga di Liga Champions musim 2017/2018 di atas, ada satu kemungkinan yang juga tidak boleh dilupakan, yaitu kemungkinan munculnya grup neraka. Ini tak lepas dari posisi kesebelasan-kesebelasan kuat yang juga masuk ke dalam pot 3 dan 4.

Di pot 3, ada beberapa nama-nama kuat macam Napoli, AS Roma, Liverpool, serta Tottenham Hotspur. Di pot 4, ada kesebelasan kejutan RB Leipzig, Glasgow Celtic, serta Feyenoord Rotterdam. Bukan tidak mungkin jika dalam ajang Liga Champions 2017/2018 nanti, akan ada grup yang berisikan tim seperti: Real Madrid, Liverpool, PSG, serta RB Leipzig di dalamnya. Bisa juga Juventus, Barcelona, Liverpool dan Feyenoord Rotterdam berada di dalam satu grup.

Namun kemunculan dari grup neraka inilah yang juga menjadi sesuatu yang cukup menarik yang dinantikan dari hasil pengundian grup Liga Champions musim 2017/2018. Jika itu terjadi, maka semarak Liga Champions 2017/2018 sudah bisa dirasakan sejak fase grup.

(sf)

Komentar