Penentuan Klasemen Grup B SEA Games Bisa Saja Berakhir dengan Undian

Berita

by redaksi

Penentuan Klasemen Grup B SEA Games Bisa Saja Berakhir dengan Undian

Indonesia meraih hasil imbang 0-0 melawan Vietnam dalam pertandingan keempat ajang SEA Games 2017. Dengan raihan hasil imbang ini, maka Indonesia sekarang duduk di peringkat ketiga grup B, kalah dua poin dari Thailand dan VIetnam yang masing-masing berada di peringkat kedua dan pertama. Namun, penentuan lolosnya tim di grup B ke semifinal bisa saja terjadi lewat undian.

Jelang memasuki pertandingan terakhir grup B, baik itu Indonesia, Thailand, maupun Vietnam punya peluang yang sama-sama besar untuk lolos. Meski berbeda dua poin dengan Thailand dan Vietnam, Indonesia masih bisa lolos ke babak semifinal dengan berbagai skenario dan hitung-hitungan yang terjadi di dalamnya.

Berdasarkan aturan yang dimuat oleh panitia pelaksana turnamen sepakbola SEA Games 2017, penentuan posisi di babak grup SEA Games 2017 adalah, sesuai urutan: perolehan poin, selisih gol, dan kemudian jumlah gol. Jika semua tadi masih sama, maka peringkat akan ditentukan dengan tim paling fair play dihitung berdasarkan jumlah kartu dan terakhir undian jika tetap imbang.

Sekarang mari kita lihat kondisi di grup B. Vietnam berada di puncak klasemen dengan perolehan 10 poin dan selisih gol +11. Thailand berada di posisi kedua dengan perolehan 10 poin, namun selisih golnya hanya +6, kalah dari Vietnam. Sedangkan Indonesia menguntit di peringkat ketiga dengan raihan 8 poin, selisih gol +4.

Beberapa skenario bisa saja terjadi, tergantung dari pertandingan terakhir grup B antara Thailand dan Vietnam, serta Indonesia melawan Kamboja, terlepas dari Timor Leste dan Filipina yang sudah tidak mungkin akan lolos. Salah satu skenario yang masih mungkin bisa terjadi adalah, penentuan klasemen grup B ditentukan lewat undian.

Apakah hal tersebut bisa terjadi? Tentu saja. Undian bisa terjadi jika ketiga tim, baik itu Indonesia, Thailand, dan Vietnam, meraih poin yang sama, selisih gol yang sama, head-to-head yang sama, dan jumlah nilai fair play yang sama. Misalkan begini, dalam pertandingan terakhir, Indonesia hanya meraih kemenangan 2-0 melawan Kamboja, serta Thailand meraih hasil seri 0-0 dengan Vietnam.

Jika itu terjadi, maka hasil poin Indonesia akan menjadi 11, dengan selisih gol +6. Selisih gol Indonesia akan menyamai Thailand, yang juga mencatatkan selisih gol +6. Vietnam tidak akan terganggu karena mereka punya selisih gol +11. Mereka akan tetap berada di puncak klasemen. Kalau lewat selisih gol sama, sebenarnya penentuan lolos bisa dilakukan lewat banyaknya jumlah gol yang dicetak.

Namun, sekarang Thailand mencetak tujuh gol. Kalau mereka main imbang dan Indonesia menang dengan skor 2-0, maka jumlah gol yang dicetak Indonesia akan sama dengan Thailand, yaitu tujuh. Jika ini terjadi, maka ada runutan yang harus diambil oleh kedua tim untuk menentukan lolos tidaknya mereka ke babak selanjutnya.

Pertama, dari selisih gol saat kedua tim bertemu. Indonesia dan Thailand sudah bertemu di pertandingan pertama dengan skor akhir 1-1, selisih gol 0. Berarti, aturan ini tidak berlaku. Kedua, lewat tendangan penalti, dan ini pun tidak berlaku karena Thailand dan Indonesia tidak bertanding di pertandingan akhir grup. Ketiga, lewat nilai fair play. Jumlah nilai kartu kedua tim akan dihitung dan itu bisa menjadi nilai penentuan lolos tidaknya kedua tim dari grup B.

Tapi, jika nilai fair play tetap sama (mari kita berandai-andai bahwa jumlah nilai kartu Indonesia dan Thailand sama), maka penentuan lolos tidaknya Indonesia dan Thailand akan ditentukan lewat undian. Undian ini akan dilakukan berdasarkan keputusan dari panitia pelaksana sepakbola SEA Games 2017, tentang seperti apa dan bagaimana undian akan dilakukan.

Skema ini mungkin saja terjadi, dan jika memang terjadi, maka Indonesia dan Thailand bisa saja menentukan nasib mereka di atas sebuah koin semata.

Baca juga:

- Andai Lolos, Siapakah Calon Lawan Indonesia di Semi-final Sea Games 2017?
- Hitung-Hitungan Indonesia Agar Lolos ke Semi-final SEA Games 2017
- Penentuan Klasemen Grup B SEA Games Bisa Saja Berakhir dengan Undian

(sf)

Komentar