Persaingan Liga 2 Memanas Menjelang Akhir Musim

Berita

by Redaksi 24

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Persaingan Liga 2 Memanas Menjelang Akhir Musim

Persaingan untuk memperebutkan tiket babak 16 besar Liga 2 Indonesia semakin sengit. Para kontestan masih saling sikut untuk bisa lolos ke fase gugur. Tercatat, baru ada empat kesebelasan yang memastikan lolos ke babak 16 besar. Keempat kesebelasan tersebut adalah PSS Sleman yang dipastikan lolos sebagai perwakilan Grup 3, PSIS Semarang dari Grup 4, Persebaya Surabaya, dan Martapura FC dari Grup 5.

Kepastian empat kesebelasan tersebut meraih satu tempat di babak 16 besar kemudian membuat slot masih menyisakan 12 tempat lainnya yang bisa diperebutkan oleh 55 kesebelasan sisa yang menjadi kontestan di Liga 2 Indonesia 2017. Namun menghitung peluang yang ada, tampaknya tidak semua kontestan memiliki kans yang besar untuk lolos ke fase gugur. Mencoba menerka, inilah beberapa kesebelasan yang berpeluang lolos ke babak 16 besar Liga 2 Indonesia 2017.

Empat kesebelasan Sumatera bersaing sengit di Grup 1

Di Grup 1, ada empat kesebelasan yang masih memiliki peluang lolos ke 16 besar. PSMS Medan, Persiraja Banda Aceh, PSPS Riau, dan PS Bangka bersaing ketat untuk memperebutkan dua tiket menuju babak 16 besar. Keempat tim tersebut rata-rata memiliki 19 poin, hanya PSMS yang menorehkan 20 poin.

Agak sulit menebak kesebelasan mana yang akan lolos mewakili Grup 1, sebab jumlah pertandingan yang dilakoni pun rata-rata masih 10 sampai 11 pertandingan. Menarik tentunya melihat akhir dari persaingan ketat tiga kesebelasan asal Bumi Andalas itu untuk memperebutkan dua tempat di babak 16 besar.

Persaingan tiga kesebelasan Banten

Kondisi yang tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Grup 1 pun dialami para kontestan di Grup 2. Tiga kesebelasan asal Banten, Cilegon United, Persita Tanggerang, dan Perserang Serang juga masih bersaing untuk memperebutkan tempat di babak 16 besar. Namun kalau melihat perolehan poin, Cilegon United dan Persita Tanggerang yang saat ini menempati posisi satu dan dua dengan 26 poin lebih diunggulkan sebagai wakil Grup 2 di 16 besar.

Meski begitu, kans Perserang juga tidak bisa diabaikan. Meski mereka baru memperoleh 21 poin dan duduk di posisi tiga, namun di antara dua kesebelasan di atasnya mereka masih memiliki tabungan satu pertandingan.

Memang, satu kemenangan di pertandingan tabungan itu belum membuat poin mereka mencukupi untuk menggeser posisi Persita atau Cilegon United. Tapi, kalau mereka bisa konsisten meraih kemenangan dalam tiga laga sisa, dengan berharap Persita atau Cilegon tergelincir di dua laga terakhirnya, maka mereka bisa merebut satu tempat di babak 16 besar.

Mencari pendamping PSS Sleman

PSS sudah dipastikan menjadi wakil dari Grup 3 untuk memanaskan persaingan di babak 16 besar, namun "Tim Elang Jawa" masih belum memiliki pendamping. Ada empat kesebelasan yang terdiri dari PSGC Ciamis, PSCS Cilacap, Persibas Banyumas, hingga Persibat Batang yang berpotensi menjadi pendamping PSS.

Ada dua pertandingan sisa yang akan dihadapi empat kesebelasan tersebut, untuk menyelesaikan pertandingan di Grup 3. Kalau melihat selisih poin yang ketat di antara empat kesebelasan tersebut, masih sulit untuk menebak siapa yang akan mendampingi PSS di babak 16 besar nanti.

Duel Persis Solo dan PSIR Rembang

Beralih ke Grup 4, setelah memastikan PSIS sebagai kesebelasan yang lolos ke babak 16 besar, kini giliran Persis Solo dan PSIR Rembang yang akan saling bersaing untuk memperebutkan satu tempat lain di 16 besar dari Grup empat. Persis lebih diunggulkan, karena mereka punya modal 27 poin dari 12 pertandingan. Tapi kans PSIR juga masih terbuka meski baru mengumpulkan 22 poin.

Kedua kesebelasan akan saling bertemu sebanyak dua kali, pertama adalah melanjutkan sisa 40 menit sebelumnya, dan satu lagi pertandingan penuh di Stadion Manahan. Bila Persis berhasil memenangkan satu dari dua laga tersebut, maka sudah dipastikan Persis yang akan mendampingi "Mahesa Jenar" di babak 16 besar.

Ancaman Persik Kediri untuk PSMP dan Kalteng Putra

Beralih ke Grup enam, Persik Kediri yang sempat meyakinkan di awal kompetisi kini terseok di peringkat tiga dengan 17 poin. Namun, mereka masih punya kans untuk lolos ke babak 16 besar mengingat masih ada tiga pertandingan sisa yang akan mereka hadapi. Kemenangan wajib diraih untuk menggusur PSMP Mojokerto Putra dan Kalteng Putra FC dari posisi favorit kesebelasan yang akan lolos ke babak 16 besar Liga 2 Indonesia.

Kans Persigo dan Madura FC yang cukup besar

Sementara di Grup 7, Persigo Semeru dan Madura FC punya kans yang besar untuk lolos ke babak 16 besar. Kedua kesebelasan tersebut kokoh di posisi satu dan dua klasemen sementara, dengan sisa dua sampai tiga pertandingan, cukup sulit bagi kesebelasan lain untuk mengejar perolehan poin kedua tim tersebut.

Tapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terjadi, karena Celebest FC Palu yang berada di posisi tiga bisa saja menyalip, andai mampu menyapu bersih kemenangan di tiga laga terakhirnya, dengan berharap Madura FC yang duduk di posisi dua dengan 19 poin kalah di satu dari dua pertandingan mereka.

Persiwa Berjaya

Dibandingkan dengan grup lainnya, perjalanan di Grup 8 sebenarnya masih cukup panjang. Sebab selain karena waktu pertandingan yang dijalankan lebih lambat dari grup lainnya, sistem kompetisi di grup tersebut juga menggunakan sistem berbeda, yaitu home tournament. Tapi, melihat hasil dari tujuh pertandingan yang telah dilakoni, Persiwa Wamena menjadi salah satu kesebelasan yang punya peluang lolos lebih besar.

Kesebelasan berjuluk "Badai Pegunungan" itu melesat memimpin klasemen sementara dengan 16 poin. Di posisi dua, PSBS Biak menguntit dengan 13 poin, dengan bekal satu tabungan pertandingan.

Mereka yang terdegradasi

Selain mencari kesebelasan yang akan tampil di babak 16 besar, menarik juga tentunya melihat nasib kesebelasan yang harus terlempar ke Liga 3 pada musim depan. Meski pertandingan di fase grup belum rampung sepenuhnya, namun empat klub yang terdiri dari Persih Tembilahan (Grup 1), Persikabo Bogor (Grup 2), Persiba Bantul (Grup 4), dan Persbul Buol (Grup 6) dipastikan terdegradasi pada musim depan.

Merunut pada hitungan poin empat kesebelasan tersebut, sulit rasanya bagi mereka untuk tetap bertahan. Persih misalkan, yang belum meraih satu pun poin dari 10 pertandingan yang mereka lakoni. Hal tersebut jelas menyiratkan bahwa mereka lebih dijadikan sebagai lumbung kemenangan bagi kesebelasan penghuni Grup 1.

Selain empat kesebelasan tersebut, masih ada banyak lagi kesebelasan yang terancam degradasi. Sebab, pada musim depan Liga 2 hanya mengikutkan 24 tim saja di dalamnya. Jadi, dari 59 peserta di Liga 2 saat ini 32 tim akan terdegradasi (tiga lainnya promosi ke Liga 1).

Komentar