Panduan Main Liga Fantasia Serie A Musim 2017/18

Football Culture

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Panduan Main Liga Fantasia Serie A Musim 2017/18

Liga Fantasia Serie A siap memasuki musim kedua (2017/18) setelah permainan fantasy football bagi para pecinta Liga Italia ini meraih sukses di musim lalu.

LF Serie A adalah permainan yang berbasis pada situs dan dapat diakses lewat desktop dan mobile. Kami tidak membuat aplikasi (app di Playstore), kami hanya membuat semacam launcher saja. Di sini, para peserta harus membentuk kesebelasan fantasi Serie A yang terdiri dari 15 pemain, namun hanya 11 pemain yang mendapatkan poin sesuai performa pemain di pertandingan sesungguhnya.

Poin pemain diperoleh berdasarkan aksi pemain, seperti jumlah menit penampilan, jumlah gol, jumlah assist, cleansheet sampai jumlah penyelamatan. Bahkan, pemain pilihan bisa mendapat pengurangan angka karena kartu kuning, kartu merah, gagal penalti dan gol bunuh diri. Yang menarik dari LF Serie A ini adalah setiap pemain yang mencetak gol tendangan bebas memperoleh poin tambahan.

Cara mendaftar

Kalian harus melakukan registrasi di halaman beranda situs LigaFantasia.id kemudian Anda langsung ke menu Login di halaman beranda untuk akses masuk ke dalam situs.

Setelah memasukkan nomor ponsel dan kata sandi di halaman Login, kalian diwajibkan belanja 15 pemain dengan bujet 100 juta euro. Jika belanja di bawah bujet, makin bagus. Jangan sampai belanja di bawah 15 pemain, atau belanja 15 pemain yang melebihi bujet.

Kesebelasan fantasi terdiri dari 15 pemain, yakni 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang dan 3 penyerang. Kalian hanya boleh membeli paling banyak 3 pemain dari satu klub yang sama.

Kalian wajib menentukan kapten. Kapten adalah pemain yang poinnya akan digandakan. Bila pemain yang dijadikan kapten itu tidak bermain, maka tim fantasi kalian tidak mendapatkan penggandaan poin dari pemain selain kapten.

Cara bermain

Sehabis klik ‘Simpan’, kalian akan menuju halaman Atur Tim dan mendapati formasi awal 4-4-2. Kalian bisa mengganti pemain atau formasi dengan mengklik bodi pemain inti, lalu memilih pemain cadangan. Contoh: formasi 4-4-2 ingin diubah menjadi 3-4-3, maka kalian harus mengganti bek inti dengan penyerang cadangan.

Hanya 11 pemain starter yang memperoleh poin. Pemain cadangan bisa memberi poin bagi tim fantasi apabila masuk menggantikan pemain starter di masa pergantian pemain. Dalam permainan LF Serie A, kalian bisa mengganti pemain di tengah giornata berlangsung.

Tidak ada pergantian otomatis. Kalian harus melakukannya secara manual dengan waktu kapanpun, paling lambat 90 menit sebelum pertandingan klub pemain pengganti akan dimulai.

Pergantian pemain bisa dilakukan setelah kick-off pertandingan pertama di Giornata tersebut sudah dimulai.

Contoh: Dalam Giornata 1, pertandingan tim A vs B selesai pukul 20:00 WIB, kemudian ada pertandingan berikutnya Y vs Z akan dimulai pukul 23:00 WIB. Jika manajer ingin mengganti pemain A dengan pemain Y, maka Anda boleh mengganti pemain paling lambat sebelum pukul 21:30 WIB.

Kalian harus mengatur pemain sebelum deadline tiap Giornata, yakni 90 menit sebelum waktu kick-off pertandingan pertama di Giornata tersebut. Perubahan susunan pemain starter dan kapten juga wajib dilakukan sebelum deadline.

Transfer pemain

Kalian boleh transfer berapapun secara cuma-cuma sebelum Giornata pertama yang diikuti. Contoh: Kalian mendaftar atau sign-up setelah Giornata 4 sudah digelar, maka kalian boleh transfer sesuka hati secara gratis sebelum deadline Giornata 5, dan seterusnya.

Setelah Giornata ke-3 Liga Italia selesai, maka kalian para peserta tidak lagi mendapat transfer gratis di setiap Giornata. Kalian hanya mendapat transfer gratis untuk 2 (dua) pemain di setiap Giornata.

Anda boleh transfer lebih dari dua pemain, tapi dikenakan pengurangan 2 (dua) poin setiap melakukan transfer 1 pemain dari total skor yang Anda miliki.

Jika dalam suatu Giornata ternyata kalian tidak melakukan transfer, maka kalian tidak mendapatkan tambahan jatah transfer untuk Giornata berikutnya.

Sistem poin pemain

Selama satu musim kompetisi Serie A, kalian harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya di setiap pekan (giornata) untuk menjadi pemenang. Pemenang adalah tim yang memperoleh poin tertinggi, baik di akhir Giornata, akhir bulan dan akhir musim.

Aksi

Poin

Main sampai 60 menit

1

Main 60 menit atau lebih

2

Setiap gol yang dicetak oleh kiper atau bek

6

Setiap gol yang dicetak oleh gelandang

5

Setiap gol yang dicetak oleh penyerang

4

Setiap gol tendangan bebas

2

Setiap assist

3

Cleansheet kiper

6

Cleansheet bek

4

Cleansheet gelandang

2

Setiap 3 penyelamatan kiper

1

Setiap penyelamatan penalti

5

Setiap gagal penalti

-2

Setiap kiper atau bek kebobolan 2 gol

-1

Setiap kartu kuning

-1

Setiap kartu merah

-3

Setiap gol bunuh diri

-3

Kalian setiap manajer tim wajib minimal Login satu kali di tiap Giornata, rentang waktu antara Giornata selesai dan deadline Giornata berikutnya.

Login yang dimaksud bukanlah manajer memasukkan Username dan Password, kemudian klik Login. Manajer cukup membuka website Liga Fantasia dan statusnya sudah Login, maka manajer otomatis tercatat di sistem.

Contoh: Manajer tim X bisa mendapat poin di Giornata 2, jika dia login antara Giornata 1 selesai (Selasa dinihari 03:30) hingga sebelum Deadline Giornata 2.

Misalkan kalian tidak melakukan Login yang dimaksud di atas, maka tim kalian tidak mendapatkan poin dari Giornata tersebut. Contoh: manajer tim W tidak Login sebelum deadline Giornata 5, maka poin tim A di Giornata 5 adalah 0.

Pastikan setiap sudah selesai jual beli pemain di menu Beli Pemain, selalu mengklik Simpan. Pastikan juga setiap sudah tuntas mengutak-atik pemain starter dan cadangan, selalu mengklik Simpan.

Apabila manajer tidak mengklik Simpan, maka data yang tersimpan adalah line-up starter dan cadangan di Giornata sebelumnya.

Liga privat

Kalian punya kesempatan membuat Liga Privat bagi teman-temanmu yang ikut bermain di LF Serie A. Nantinya, akan ada klasemen khusus bagi anggota Liga Privat dan menjadi keseruan tersendiri.

Setelah login di LF Serie A, kalian bisa membuat Liga Privat dengan mengklik Atur Tim, kemudian klik Liga Private, mengetik nama liga yang diinginkan, dan klik Buat Liga.

Ajak teman-teman kalian untuk bergabung ke Liga Privat yang sudah dibuat dengan menyebut nama liganya. Nanti teman kalian bisa masuk Liga Privat yang ada dengan mengklik Liga Privat, kemudian mengetik nama Liga Privat, lalu klik Cari Liga. Nanti akan muncul hasil pencarian. Jika sudah ditemukan, klik Join. Teman kalian harus menunggu ‘approval’ dari si pembuat liga.

Hadiah

Liga Fantasia menyediakanbanyak hadiah menarikbagi para pemenang LF Serie A musim 2017/18.Hadiahnyaapasaja? Nantiakandiinformasikanlebihlanjut di situs LigaFantasia.id


Untuk pertanyaan lebih jelas mengenai Liga Fantasia Serie A, silakan untuk menghubungi mereka lewat situsnya di Ligafantasia.id atau di akun Twitter https://twitter.com/LigaFantasiaID" target="_blank">@LigaFantasiaID

Komentar