Rezaldi Hehanusa Gatal Ingin Bela Persija Jakarta Lawan Persib Bandung

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Rezaldi Hehanusa Gatal Ingin Bela Persija Jakarta Lawan Persib Bandung

Sudah sejak 30 Juni lalu, Rezaldi Hehanusa meninggalkan Persija Jakarta karena mengikuti agenda Tim Nasional Indonesia U-22. Sudah sepekan ini pun Rezaldi dipersiapkan sebagai full-back kiri Indonesia pada grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 yang diselenggarakan di Thailand.

Artinya, Rezaldi harus absen membela Persija pada pertandingan penting melawan tuan rumah Persib hari ini di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/7). Pemain U-21 itu sendiri mengaku gatal ingin bermain melawan Persib karena dianggap pertandingan besar di Liga 1 Indonesia 2017.

"Kalau yang saya rasakan, ya kaya ingin seperti ikut main juga, ya. Karena jarang sekali pertandingan seperti big match seperti Persija vs Persib karena itu pertandingan sangat berpengaruh buat pengalaman dan mental buat ke depannya," kata Rezaldi ketika dihubungi melalui pesan singkat.

Selama ditinggalkan Rezaldi, Persija mempercayakan posisi full-back kiri kepada Vava Mario Yagalo, bahkan sempat pada Novri Setiawan. Terakhir kali Rezaldi bermain 90 menit untuk Persija yaitu ketika melawan Bali United, Minggu (21/5). Sementara Vava terakhir bermain 90 menit ketika melawan Semen Padang, Rabu (12/7). Dalam perbandingan 90 menit terakhir itu, Rezaldi bisa dibilang lebih unggul ketimbang Vava dalam soal bertahan dan menyerang jika dilihat dari statistik permainannya.

Soal bertahan, hal paling kentara adalah ketika melakukan tekel bersih. Berdasarkan data yang dikumpulkan Tim Statistik Pandit Football, Rezaldi berhasil melakukan tekel bersih lima kali, sementara Vava melakukannya tiga kali. Vava juga gagal melakukan tekel bersih kepada lawan sebanyak tujuh kali. Sementara Rezaldi hanya gagal tiga kali saja.

Kelebihan pemain 21 tahun itu lainnya adalah aktif membantu serangan. Rezaldi berhasil memberikan umpan terobosan tiga kali ketika membantu serangan, berbeda dengan Vava yang tidak melepaskan satu pun umpan terobosan pada pertandingan terakhir 90 menitnya. Rezaldi juga cuma kehilangan bola tiga kali, sementara Vava harus kehilangan bola tujuh kali karena direbut lawan. Nilai tambahan bagi Rezaldi adalah berhasil melakukan satu kali dribel sukses.

Kendati demikian, keduanya jeli dalam membaca permainan lawan. Baik Rezaldi dan Vava, sama-sama berhasil melakukan delapan intersepsi pada pertandingan 90 menit terakhirnya. Di sisi lain, Vava memiliki keunggulan dibanding Rezaldi dalam soal duel udara. Vava berhasil memenangkan dua kali duel udara, sementara Rezaldi cuma memenangkannya satu kali.

Meski secara statistik Rezaldi tampil lebih baik dari Vava, ia menilai bahwa siapapun pengganti posisinya di Persija sama baiknya. "Kalau menurut saya, bang Novri dan bang Vava sama-sama bagus dan mereka pengalaman juga lebih banyak dari saya. Dan jadi buat saya, mereka bagus banget," tutur pemain bernomor punggung 28 di Persija itu.

Maka dari itu ia tetap optimis kepada Persija pada pertandingan melawan Persib nanti. "Semoga, Inshaa Allah, Persija bisa meraih tiga poin di Bandung sana. Walaupun mereka belum pernah terkalahkan, Inshaa Allah dengan usaha dan kerja keras dan kemauan, tidak ada yang sia-sia," tegas Rezaldi.

Sebenarnya bukan hanya Rezaldi saja yang tidak bisa memperkuat kesebelasannya pada laga Persib vs Persija karena sedang berada di Thailand membela timnas. Febri Haryadi dan Gian Zola pun tidak bisa memperkuat Persib pada laga yang mempertemukan antara rival besar di Liga 1 tersebut.

Rezaldi mengaku sering bercanda dengan kedua pemain Persib itu di timnas Indonesia. Padahal masing-masing tahu sama-sama membela kesebelasan dengan rivalitas tinggi. "Ya, mungkin saya sama mereka (Gian dan Febri) bercanda-canda biasa aja dan ngobrol-ngobrol pertandingannya kapan gitu," aku Rezaldi.

Sumber Foto: Rezaldi Hehanusa

Komentar