Arthur Irawan Jelang Pengalaman Pertamanya Bertandang ke Persib Bandung

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Arthur Irawan Jelang Pengalaman Pertamanya Bertandang ke Persib Bandung

Di Barcelona, Catalonia, Spanyol, terdapat pertandingan satu kota yang panas antara Barcelona menghadapi Espanyol yang bertajuk El Derbi Barceloni. Pertandingan tersebut bisa dibilang salah satu yang paling panas di Spanyol. Arthur Irawan pun pernah merasakan atmosfernya karena pernah berkarier di Espanyol B sejak 2011 sampai 2013.

Ia baru bisa berkarir di Indonesia dengan memperkuat Persija Jakarta sejak Maret lalu sebelum bergulirnya Liga 1 Indonesia 2017. Dan Arthur akan merasakan atmosfer seperti El Derbi Barceloni ketika bertanding melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7). Seperti yang diketahui bahwa pertandingan antara Persib dengan Persija memiliki tensi rivalitas sangat tinggi.

Ia pun diberitahu para pemain Persija bahwa pertandingan melawan Persib itu memiliki atmosfer yang luar biasa. Maka dari itu Arthur tahu pertandingan nanti sangat penting bagi para pendukung Persija yang dikenal dengan nama The Jak Mania. Bek kanan 24 tahun itu juga menceritakan bahwa El Derbi Barceloni memiliki atmosfer luar biasa. Bagi Espanyol, melawan Barcelona adalah pertandingan paling besar.

"Saya bilang iya (besarnya atmosfer pertandingan Espanyol VS Barcelona dan Persib vs Persija), tapi mungkin Persib versus Persija lebih fanatik karena Indonesia negara yang lebih besar. Jadi suporternya lebih banyak dan otomatis lebih fanatik. Tapi bagi orang-orangnya, arti pertandingan itu sama," terang Arthur ketika dihubungi melalui telepon.

Walau sama-sama memiliki atmosfer pertandingan yang besar, ia mengatakan bahwa di Spanyol lebih teratur karena jarang ada kerusuhan dan perusakan stadion. Berbeda dengan di Indonesia yang masih ada beberapa kasus seperti itu. Kendati demikian, Arthur justru memuji The Jak Mania yang akhir-akhir ini lebih teratur ketika mendukung Persija di stadion selama Liga 1 sejauh ini.

"Terus terang tahun ini The Jak Mania sangat bagus. Mereka support kita dengan luar biasa. Mereka juga teratur. Maksudnya, mereka support dengan sepenuh hati, mendukung kita tapi dengan cerdas. Mereka tidak lempar-lempar barang, tidak merusak stadion. Itu namanya suporter cerdas. Cerdas buat timnya, bukan menghancurkan timnya," katanya.

Bertandang ke Persib, Arthur yakin akan mendapatkan tekanan luar biasa dari pendukung tuan rumah. Bahkan saking hebatnya tekanan, masing-masing kesebelasan yang bertandang lebih sering datang ke stadion dengan menumpang kendaraan barracuda berlapis baja. Tentu saja menumpangi barracuda ke pertandingan sepakbola adalah pengalaman perdana Arthur. Sebab jarang ada pertandingan sepakbola di Spanyol yang datang sampai harus diangkut memakai kendaraan perang.

Walau begitu, Arthur sendiri mengaku siap menghadapi tekanan dari pendukung tuan rumah, "Saya belum bisa ngomong rasanya kaya gimana (naik rantis ke pertandingan). Soalnya saya kan belum pernah pengalaman kaya gitu. Tapi kita lihat besok saja. Tapi yang paling penting adalah pertandingannya. Kita harus tetap fokus melawan Persib, bukan dengan cara ke stadionnya. Lebih fokus ke pertandingannya, bukan hiburan sebelum pertandingannya," tegasnya.

Ketika ditanya soal pemain Persib yang paling diwaspadainya, Arthur mengatakan semua lawan yang dimainkan itu berbahaya. "Mereka banyak pemain bagus, semua harus diwaspadai," cetus kelahiran Surabaya yang bernomor punggung 31 di Persija saat ini.

Sumber foto: Arthur Irawan.

Komentar