AC Milan dan Manchester United Incar Renato Sanches

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

AC Milan dan Manchester United Incar Renato Sanches

Renato Sanches termasuk ke dalam 10 besar pemain U-20 yang pernah ditebus dengan harga tinggi. Hal itu terjadi ketika Bayern Munich mendapatkan jasanya setelah membelinya dari Benfica seharga 35 juta euro.

Ia dibeli Bayern setelah berhasil membawa Benfica juara Liga Portugal 2015/2016. Kemudian Portugal pun dibawanya menjuarai Piala Eropa 2016 sehingga ia diganjar penghargaan Young Player of the Tournament 2016 dan Golden Boy Award 2016. Dengan usia yang masih muda, Sanches bisa memberikan pengaruh besar bagi kesebelasan yang ia bela.

Tapi Sanches justru tidak dibawa Portugal pada Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Salah satu penyebabnya adalah ia hanya dimainkan 17 kali oleh Munich tanpa mencetak gol dan hanya menyumbang satu asis pada Bundesliga 2016/2017. Bahkan legenda pesepakbola Jerman bernama Lothar Matthaus menobatkan Sanches sebagai pembelian flop Bundesliga musim lalu.

"Renato Sanches mungkin masih muda dan pindah ke luar negeri itu sulit, tapi Anda akan berharap lebih banyak dengan biaya transfer 35 juta euro. Sanches tidak layak bermain lebih banyak," tulis Matthaus di kolom Sport Bild, seperti dikutip dari ESPN FC.

Di sisi lain, Sanches pun mengakui bahwa musim lalunya di Bundesliga cukup buruk. "Jujur saja, saya harus mengatakan musim pertamaku di sini tidak terlalu bagus. Tapi saya tidak akan membiarkan penurunan saya dan yakin musim depan akan lebih baik untuk saya. Secara pribadi, saya berharap lebih banyak di tahun pertama, tapi tahun depan pasti akan lebih baik," tutur Sanches.

Dengan situasi ini, bukan tidak mungkin juga gelandang 19 tahun itu akan dilepas ke kesebelasan lain pada bursa transfer musim panas ini. Dikabarkan media Metro bahwa Munich siap menjual Sanches jika ada yang menawarnya seharga 30 juta euro. Rupanya kabar itu diam-diam diikuti Manchester United yang mengincarnya pada tahun lalu.

"Saya terlambat datang, saya masuk bulan Mei. Kami mulai berbicara seminggu sebelumnya, tapi sama sekali tidak di dalam prosesnya. Jika saya datang lebih awal, saya akan memperjuangkannya [Renato Saches]. Manchester United sering menyaksikan Renato dan mungkin saya melakukan itu lebih banyak. Seringkali di rumah, saya menyaksikan beberapa pertandingan Benfica dan Liga Portugal, saya mengenal anak laki-laki itu lebih baik seiring berjalannya waktu," ungkap Mourinho.

AC Milan pun dikabarkan berminat meminjam Sanches selama dua tahun dengan tambahan biaya sebesar 7 juta euro dan opsi permanen sebesar 40 juta euro. Jika transfer berhasil, Sanches akan menjadi pemain baru ke-11 Milan pada jendela transfer saat ini. Kepindahan Sanches memang tak mustahil mengingat posisinya Sanches semakin terancam seiring dengan kedatangan James Rodriguez dari Real Madrid.

"Ya, pada dasarnya saya bisa memastikan AC Milan tertarik kepada Renato Sanches. Namun saya harus mengatakan bahwa kami belum membuat kelanjutan sejak mereka mengontak di pertengahan pekan lalu. Jika Anda ingin meminjamkan pemain dari Bayern Munich, ada aspek keuangan yang jelas untuk kesepakatan apapun. Walau bagaimana pun, saya mendapat kesan bahwa AC Milan belum siap untuk memenuhi persyaratan keuangan kami dan selama ini tidak akan terjadi apa-apa," ungkap Karl-Heinz Rummenigge selaku CEO Munich.

Sumber lain: Bleacher Reports, Daily Mail, Football-Italia

Komentar