Gelar Liga Europa Pertama MU untuk Kota Manchester yang Berduka

Berita

by redaksi

Gelar Liga Europa Pertama MU untuk Kota Manchester yang Berduka

Manchester United sukses melengkapi koleksi gelar mereka musim ini dengan meraih Liga Eropa setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0. Gol dari Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan cukup untuk memastikan United meraih gelar Liga Europa pertama sepanjang sejarah mereka.

Kemenangan ini juga membuat United resmi memenangkan seluruh kompetisi yang bisa mereka menangkan sepanjang sejarah. Jose Mourinho juga menjadi manajer pertama yang mampu meraih dua gelar dalam musim pertamanya bersama United. Pencapaian Mou juga membuat dirinya menjadi manajer tersukses di Eropa dengan mencatatkan rekor 12 kemenangan di laga final dari 14 laga yang pernah ia ikuti.

Kemenangan United membuat mereka juga sukses menyalip Liverpool sebagai tim tersukses di Inggris dengan raihan 20 gelar liga, 12 Piala FA, lima Piala Liga [EFL], tiga Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Liga Europa.

“Di musim yang ‘buruk’ ini, di mana saya pernah merasa sebagai manajer terburuk di dunia dan berada di tim terburuk di dunia, kami memenangkan tiga trofi (Community Shield, Piala EFL dan Liga Europa) dan kami ke Liga Champions dengan memenangkan Liga Europa, bukan dengan finis di peringkat kedua atau ketiga di liga.”

“Kami sekarang punya kehormatan untuk menghadapi juara Liga Champions baru di Piala Super Eropa nanti, jadi saya rasa musim ini telah berjalan baik. Malam ini adalah kemenangan pragmatisme, kemenangan orang sederhana, orang yang menghargai lawannya, menghentikan lawannya, dan mencoba menemukan kelemahan lawan,” ujar Mou dilansir Sky Sports.

Kemenangan ini juga terasa spesial karena Manchester United turut mendedikasikan kemenangan ini kepada kota mereka yang baru saja diguncang tragedi bom. Salah satu pencetak gol United, Paul Pogba, mendedikasikan kemenangan timnya untuk para korban tragedi bom di Manchester.

“Kami tahu hal seperti ini sangat menyedihkan bagi seluruh dunia. Kami harus fokus, ini sangat penting. Kami menang untuk Manchester, kami bekerja untuk mereka dan untuk negara. Kami bermain untuk Inggris, Manchester dan korban yang meninggal,” ujarnya soal makna kemenangan tersebut seperti dikutip Guardian.

Tak ketinggalan, para pemain United lainnya ikut mendedikasikan kemenangan ini untuk kota mereka yang terguncang tragedi itu. Ander Herrera, Wayne Rooney, Juan Mata dan pemain-pemain lainnya mendedikasikan kemenangan mereka untuk Manchester.

“Setelah apa yang terjadi pada mereka, kami harus memenangkan ini. Ini telah menjadi pekan yang sulit bagi kami dan kami ingin memenangkan ini untuk orang-orang yang menderita disana. Trofi ini untuk mereka,” ujar Juan Mata soal dedikasi untuk Manchester dikutip dari Daily Telegraph.

Rival sekota mereka, Manchester City, turut mengunggah sebuah gambar solidaritas yang berisikan pesan “#ACityUnited. Tulisan ‘City’ dan ‘United’ pada gambar tersebut diwarnai sesuai dengan klub masing-masing.

(ap)

Komentar