Francesco Totti Akan Pensiun Setelah 24 Tahun

Berita

by redaksi

Francesco Totti Akan Pensiun Setelah 24 Tahun

AS Roma dalam sebuah pernyataan mengumumkan pemain kebanggaan mereka, Francesco Totti, akan gantung sepatu musim ini. Totti telah menghabiskan 24 musim mengabdi untuk Gialorossi dan tak pernah hijrah ke kesebelasan manapun selama itu. Kabar soal pensiunnya Totti musim ini dikonfirmasi sendiri oleh pemilik kesebelasan baru AS Roma, Ramon Rodriguez Verdejo, saat konferensi pers perkenalannya.

Meski demikian, Monchi, panggilan akrab Verdejo, juga mengatakan pemain berusia 40 tahun tersebut kemungkinan akan tetap bersama AS Roma bekerja di balik layar membantu dirinya.

“Tentang Totti, saya sudah mengetahui ada kesepakatan bersama kesebelasan bahwa ini akan menjadi musim terakhirnya sebagai pemain, lalu dia akan memulai karier barunya sebagai direktur. Saya siap hanya mempelajari satu persen dari semua yang sudah dia tahu [soal AS Roma],” ujar Monchi soal Totti dilansir Sky Sports.

Francesco Totti memulai debutnya untuk tim Serigala pada 1993. Sejak saat itu, ia telah mencatat lebih dari 600 penampilan bersama kesebelasannya di semua kompetisi. Ia juga telah mencetak lebih dari 300 gol untuk kesebelasannya. Dua trofi Serie A, Piala Italia, dan Piala Super Italia juga menjadi prestasi tersendiri bagi Totti. Namun musim ini, Totti jarang dimainkan sebagai starter oleh Luciano Spaletti.

Totti, yang tampil di seluruh level tim nasional mulai dari U-15, telah mencetak lima gol dari 58 penampilannya bersama tim senior serta turut membawa Italia juara Piala Dunia 2006. Totti kemudian mengumumkan pensiun dari tugas negara usai membawa negaranya juara dunia.

Saat dirinya dimainkan pada derbi Roma sebagai pemain pengganti, Minggu lalu, Totti belum memberikan komentarnya soal kabar pensiun. Bahkan, ia juga mengatakan, apakah dirinya akan pensiun bukan tergantung dirinya sambil menambahkan klaim (pensiun) tersebut dibuat orang lain.

“Itu bukan dari saya. Orang lain yang mengklaim seperti itu. Saya belum mengatakan apapun [untuk saat ini],” ujar Totti soal klaim pensiunnya saat itu dilansir ESPN FC.

Laga terakhir Totti akan berlangsung pada 28 Mei melawan Genoa di Stadion Olimpico. Manajer umum AS Roma, Mauro Baldissoni mengatakan Totti sudah ditunggu kontrak enam tahun sebagai direktur AS Roma agar ia bisa terus menyaksikan timnya berlaga.

“Kontrak sudah diberikan untuk dia agar dia bisa terus menyaksikan derbi, hanya kali ini dia akan berada di luar lapangan,” ujarnya dilansir The Guardian.

Komentar