Pengakuan Nacho Monreal Pada Sergio Aguero

Berita

by Redaksi 33 41102

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pengakuan Nacho Monreal Pada Sergio Aguero

Pertandingan antara Arsenal dan Manchester City yang digelar pada Minggu (2/4/2017) malam akhirnya berakhir imbang 2-2. Namun manajer City, Pep Guardiola merasa kesal. Ia merasa bahwa salah satu pemain Arsenal, Nacho Monreal, melakukan handball. Monreal sendiri sudah mengakui perbuatannya ini kepada Sergio Aguero.

Stadion Emirates menyajikan sebuah pertunjukan yang menarik pada malam itu. City dan Arsenal, dua tim yang sedang memperebutkan jatah tampil di Liga Champions, saling kejar-kejaran angka. Dua kali City unggul lewat Leroy Sane dan Sergio Aguero, dua kali pula The Gunners berhasil menyamakan kedudukan lewat Theo Walcott dan Shkodran Mustafi.

The Citizens sebenarnya memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan ini. Namun handball Nacho Monreal yang terjadi pada menit-menit akhir tidak diganjar dengan hukuman penalti oleh Andre Marriner, wasit yang memimpin pertandingan tersebut. Hal ini pun langsung mengundang rasa kesal dari para pemain City, termasuk sang manajer, Pep Guardiola.

"Saya tahu wasit ini (Andre Marriner) karena kami pernah bertemu sebelumnya. Tapi saya tidak akan mendiskusikan penalti yang seharusnya kami dapatkan," ujar Pep seperti dilansir Squawka.

Namun, walau Monreal tidak mengaku bahwa ia melakukan handball ketika pertandingan berlangsung, seusai pertandingan Monreal ia tampak berbincang dengan salah satu pemain City yang mencetak gol, yaitu Sergio Aguero. Dalam sebuah footage yang diambil selepas pertandingan, terlihat Aguero menghampiri Monreal dan berbincang-bincang dengan pemain asal Spanyol tersebut.

Footage tersebut secara tidak langsung menunjukkan pengakuan Monreal kepada Aguero bahwa ia melakukan handball. Kepada kamera televisi, Aguero pun langsung menunjuk-nunjuk tangannya, sebagai tanda bahwa Monreal memang benar-benar melakukan handball dalam pertandingan tersebut.

Namun, Keith Hackett, salah satu wartawan di The Telegraph mengemukakan bahwa keputusan Marriner dengan tidak memberikan hukuman penalti kepada City itu tepat. Dalam tulisannya di The Telegraph, ia menyebut bahwa Monreal tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya. Ia menilai bahwa Marriner dan para hakim garis berada di jarak yang tepat untuk memberikan keputusan mengenai handball tersebut.

"Untuk memberikan sebuah hukuman penalti atau pun tendangan bebas, Anda harus yakin bahwa memang ada niatan tertentu dari sang pemain untuk melakukan pelanggaran (handball). Niat adalah sesuatu yang cukup sulit untuk diukur oleh wasit, sehingga kerap terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan," ujar Hackett.

"Namun dalam kasus Monreal ini, saya rasa (Andre) Marriner sudah membuat keputusan yang tepat. Bola jatuh dari ketinggian dan posisi Monreal sedang tidak berada dalam posisi yang seimbang. Tangannya sedang berada dalam posisi natural, dan bola pun secara tidak sengaja menyentuh tangan dari Monreal. Di sini, saya berkesimpulan bahwa Monreal memang tidak melakukan handball," tambahnya.

foto: @SkyFootball

Komentar