Akhirnya Penyebab Menurunnya Penampilan Goetze Ditemukan

Berita

by Redaksi 33 86491

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Akhirnya Penyebab Menurunnya Penampilan Goetze Ditemukan

Mario Götze mengalami penurunan penampilan sejak didatangkan kembali oleh Borussia Dortmund dari Bayern München pada awal musim 2016/2017 silam. Memasuki pertengahan musim, manajemen Borussia Dortmund akhirnya menemukan penyebab menurunnya penampilan Götze; gangguan metabolisme tubuh.

Götze pernah menjadi pemain andalan Borussia Dortmund pada masa-masa awal ia diangkat dari Dortmund youth masuk ke tim senior. Ia bahkan pernah dijuluki sebagai "Messi dari Jerman" karena kemampuan dribel dan finishing nya yang cukup mumpuni. Ia juga tercatat sebagai pencetak gol tunggal kemenangan Jerman atas Argentina dalam partai final Piala Dunia 2014 lalu.

Namun semenjak jarang mendapatkan jam terbang selama tiga musim membela Bayern, penampilannya sempat menurun. Dortmund pun memulangkannya kembali, dengan harapan agar ia dapat kembali menampilkan permainan seperti yang ia tampilkan pada kisaran 2010-2013 silam. Tapi, yang ditampilkan oleh Super Mario justru di bawah ekspektasi.

Hanya mencatatkan satu gol dari sembilan penampilan yang sudah ia jalani bersama Die Schwarzgelben dalam ajang Bundesliga, juga lebih banyak berkutat dengan cedera, membuat manajemen Dortmund langsung mengadakan sebuah investigasi khusus guna mengetahui penyebab dari menurunnya penampilan Götze ini. Hasil investigasi pihak Dortmund menunjukkan bahwa Götze ternyata mengalami gangguan metabolisme. Hal inilah yang dinilai berpengaruh terhadap penampilannya di atas lapangan.

"Ia (Götze) telah banyak menghabiskan waktu di musim ini dengan cedera yang kerap menimpa ototnya. Hal ini membuat pihak klub langsung melakukan investigasi internal untuk mengetahui penyebab dari seringnya ia terkena cedera," ujar pernyataan resmi klub, seperti dikutip dari BBC.

"Hasil investigasi ternyata menunjukkan bahwa Götze mengalami gangguan metabolisme tubuh. Inilah yang memengaruhi penampilannya di atas lapangan. Ia pun tampaknya harus menepi untuk beberapa waktu ke depan," tambah pernyataan resmi tersebut.

Mengetahui penyebab dari menurunnya penampilan Götze ini, langsung membuat pihak Dortmund dan Götze gembira. Walau harus menepi untuk beberapa waktu, setidaknya mereka tahu apa yang terjadi dan bisa segera mencari solusi dari permasalahan tersebut. Götze pun mengatakan tidak masalah walau ia harus kembali ke meja perawatan, asal itu demi kebaikan tim.

"Saat ini saya sedang mengalami perawatan untuk mengobati apa yang sedang terjadi pada tubuh saya. Saya akan melakukan apapun, sekuat saya, untuk kembali ke lapangan dan membantu tim dalam meraih prestasi tertinggi. Semoga saya bisa melakukannya," ujar Götze.

"Sekarang kami tahu pangkal masalah dari menurunnya penampilan Götze ini. Kami tahu apa yang harus kami perbaiki, dan semoga setelah mengalami masa pemulihan, ia akan kembali dengan kemampuannya yang luar biasa tersebut. Yang harus dilakukan oleh Mario (Götze) sekarang hanyalah tenang dan terus berusaha, karena dukungan akan mengalir baginya dari seluruh elemen Borussia Dortmund," ujar direktur olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc.

Sumber lain: World Football

foto: @ESPNFC

Komentar