Kencing di Pinggir Lapangan, Kiper Ini Dapat Kartu Merah

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kencing di Pinggir Lapangan, Kiper Ini Dapat Kartu Merah

Kadang sesuatu yang remeh yang dilakukan di lapangan sepakbola dapat berakibat buruk terhadap para pelakunya. Marco Verratti mengalaminya pada beberapa waktu ke belakang, dan sekarang hal yang serupa dialami oleh Gary Whyte, penjaga gawang asal klub Shettleston Juniors. Ia harus dikeluarkan dari lapangan hanya untuk memenuhi panggilan alamnya, yaitu kencing.

Kejadian ini bermula pada menit ke-72 pada pertandingan antara Shettleston Juniors melawan Shotts Bon Accord dalam ajang West of Scotland Super League First Division yang merupakan divisi dua dari kompetisi junior di Skotlandia. Saat itu Gary sedang bersiap untuk mengambil tendangan gawang. Namun tampaknya ia sudah tak kuasa menahan panggilan alam yang begitu mendesak.

Ia pun meminta izin kepada hakim garis dan wasit agar menghentikan pertandingan untuk sementara karena ia ingin buang air kecil. Namun wasit menolak permintaan Gary tersebut karena keinginan untuk kencing bukanlah hal yang mewajibkan seorang wasit menghentikan pertandingan.

Akhirnya, karena sudah tidak kuat, Gary pun berinisiatif untuk menunda tendangan gawang yang akan ia lakukan. Ia pun membuang hajatnya untuk sementara di belakang gawang, lalu bersiap untuk melanjutkan kembali tendangan gawang. Tak disangka, ketika ia kembali, wasit mengganjarnya dengan hukuman kartu merah.

"Saya ingat ketika itu Gary meminta kepada hakim garis agar menghentikan pertandingan karena ia ingin pergi ke toilet. Hakim garis pun mengatakan kepadanya bahwa permainan tidak bisa dihentikan," ujar manajer Shettleston Juniors, John Fallon Jr, seperti dilansir The Scottish Sun.

"Sebelum ia mengambil tendangan gawang tersebut, akhirnya ia berinisiatif untuk lari ke belakang gawang, pergi ke sebuah dinding di belakang gawang dan kencing di sana. ketika ia kembali ke lapangan, wasit pun memberikan kartu merah untuknya," tambahnya.

Sontak apa yang dilakukan oleh Gary ini mengundang perhatian di media sosial. Akun resmi klub Shotts Bon Accord, klub yang menjadi lawan dari Shettleston saat itu langsung berkicau tentang hal ini. Reaksi dari cuitan itu pun bermacam-macam, ada yang menganggap ini hal aneh, humoris, bahkan menyama-nyamakannya dengan kejadian yang juga dialami oleh Gary Lineker pada Piala Dunia 1990.

Proses keluarnya Gary Whyte ini pun mengundang tanya dari John Fallon Jr. Berdasarkan Laws of The Game yang membahas tentang Fouls and Misconduct, tidak tertulis bahwa wasit berhak memberikan kartu merah jika pemain kencing di luar lapangan. Kalau pun ingin merujuk kepada hukuman karena Gary meninggalkan lapangan dengan sengaja tanpa persetujuan wasit, ia seharusnya hanya mendapatkan kartu kuning saja.

"Kami masih bingung kenapa Gary mendapatkan kartu merah. Kami masih akan mencari tahu karena peraturan sebenarnya tidak menyebut bahwa pemain kencing mendapat kartu merah. Mungkin wasit menilai gestur yang dilakukan oleh Gary ini (kencing di pinggir lapangan) adalah gestur yang sedikit menghina dan kasar sehingga ia dikeluarkan," ujar John Fallon Jr.

*Sejauh ini kami belum menemukan tayangan saat kejadian

foto: sundaypost.com

Komentar