Kutukan Anoeta Bagi Barcelona Berakhir

Berita

by Redaksi 28

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kutukan Anoeta Bagi Barcelona Berakhir

Barcelona hampir pasti melangkah ke Semifinal Copa Del Rey setelah mengalahkan Real Sociedad pada perempat final leg 1. Gol kemenangan Barca dicetak oleh Neymar pada menit ke-21 melalui sepakan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah bek Sociedad, Zurutuza, melanggar Neymar yang berusaha menerobos masuk ke kotak penalti.

Kemenangan 1-0 yang diraih oleh Blaugrana ini terasa spesial karena diraih di Anoeta, kandang Sociedad. Mengapa terasa sangat spesial? Hal ini dikarenakan Barca meraih kemenangan terakhirnya di Anoeta pada bulan Mei 2007 (skor akhir 2-0 pertandingan La Liga). Pada saat itu Barcelona masih dilatih oleh Frank Rijkaard.

Luis Enrique sendiri telah menelan dua kali kekalahan dan satu kali hasil imbang ketika bermain di hadapan publik Anoeta pada bulan November 2016. Ini merupakan kemenangan pertama bagi Enrique sekaligus memutus kutukan bagi Barcelona.

Namun, kemenangan ini harus dibayar mahal karena Andres Iniesta kembali mengalami cedera betis. Pihak klub menyatakan bahwa gelandang Spanyol ini akan menjalani tes lebih lanjut untuk mengetahui cedera yang dialaminya.

Ya, sudah hampir 10 tahun Blaugrana tidak meraih kemenangan ketika berkunjung ke Anoeta. Stadion ini bak memiliki kekuatan magis tersendiri bagi punggawa Barcelona. Tapi kini kutukan itu telah berakhir lewat gol penalti Neymar walau harus memakan korban Iniesta yang kembali cedera.

Komentar