Skema 3-4-3 Membuat Hazard Semakin Menikmati Pertandingan

Berita

by Redaksi 26

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Skema 3-4-3 Membuat Hazard Semakin Menikmati Pertandingan

Chelsea tampil begitu digdaya semenjak Antonio Conte mengubah formasi dasar mereka menjadi 3-4-3 di musim ini. Sempat meraih 13 kemenangan beruntun sebelum dihentikan oleh Tottenham di awal bulan ini, Chelsea langsung meresponnya dan mengindikasikan jika mereka telah siap kembali ke jalur kemenangan setelah mampu menumbangkan Leicester (15/1) tiga gol tanpa balas di kandangnya.

Salah satu bintang Chelsea, Eden Hazard, membenarkan rahasia yang membuat Chelsea bisa menjadi seperti ini adalah berkat skema 3-4-3 yang diterapkan oleh Conte. Hazard menambahkan jika sistem ini telah membantu para pemain Chelsea untuk mencapai puncak performanya.

“Sistem ini sangat bagus, dan para pemain pun bermain baik. Musim ini seluruh pemain berada di level top perfroma, kecuali ketika melawan Tottenham. Tetapi kami memang tidak dapat memenangi setiap laga,” ujar Hazard kepada Chelsea Magazine.

“Kami menikmati permainan dengan sistem ini dan kami tidak harus bersedih setelah mengalami kekalahan atas Tottenham karena sepakbola sangat sulit dan Anda tidak dapat memenangi setiap laga. Dua tahun lalu kami kalah dengan skor 5-3 di sana (Tottenham) dan pada akhirnya kami tetap dapat menjadi juara di akhir musim, jadi, saya berharap hal ini dapat terulang di musim ini.”

“Kami akan lihat, kami masih memiliki banyak pertandingan yang harus dimainkan, tetapi kami selalu siap untuk menghadapinya,” tambah Hazard.

Hazard pun mengaku jika ia selalu merasa lebih senang ketika tim dapat memeragakan permainan yang cantik walau dirinya tidak mencetak satu pun gol, dibandingkan ketika dirinya mencetak gol kemenangan namun tim bermain tidak sesuai yang diharapkan.

“Bagi saya, sepakbola itu seperti ini: saya pergi ke lapangan, lalu mencoba untuk menikmatinya. Saya tak pernah peduli akan statistik, saya tak pernah berpikir harus mencetak gol, saya hanya ingin memberikan yang terbaik di atas lapangan.”

“Saya lebih memilih kami dapat menang 5-0 dan memainkan permainan yang luar biasa, walau saya tidak mencetak gol dan asis dibanding kami bermain buruk walau saya mencetak dua gol dan kami menang 2-0. Sepakbola itu sederhana, Anda hanya harus memenangkan laga, jadi saya pergi ke lapangan, lalu memberikan yang terbaik dan membuat para pendukung senang.”

“Inilah cara yang saya mainkan – untuk dinikmati sendiri, juga untuk dinikmati para pendukung. Ini seperti ketika saya pergi menonton sebuah film atau sebuah pertunjukan, saya ingin merasa senang. Bagi saya, ketika para pendukung datang ke sebuah pertandingan, mereka layak untuk mendapatkan rasa senang, jadi memang telah menjadi tugas saya untuk membuat mereka senang, dan saya akan selalu mencobanya di setiap pertandingan,” cetus Hazard.

foto: skysport

Komentar