Enam Gol Tercipta di Pertandingan Fiorentina melawan Napoli

Berita

by Redaksi 26

Redaksi 26

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Enam Gol Tercipta di Pertandingan Fiorentina melawan Napoli

Pertandingan Serie-A pekan ke-18 menghadirkan banjir gol. Total 20 gol tercipta dari 12 tim yang berlaga pada Jumat (23/12) dini hari tadi. Selain laga Cagliari-Sassuolo yang menghasilkan tujuh gol, partai sengit antara Fiorentina dan Napoli pun menjadi pertandingan yang menyita banyak perhatian. Bermain di Artemio Franchi, markas Fiorentina, kedua tim meraih poin satu setelah berbagi angka dengan skor yang mencolok, 3-3.

Napoli menyongsong laga ini dengan kepercayaan diri penuh setelah pada pekan sebelumnya berhasil menang meyakinkan atas Torino. Trio Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Jose Callejon tetap menjadi andalan pelatih Maurizio Sarri untuk mendobrak pertahanan lawan.

Pun dengan Fiorentina, mereka ingin memutus rekor buruk tujuh kali pertemuan tanpa pernah menang melawan Napoli di kandang. Pelatih Paulo Sousa pun kembali mengandalkan Nikola Kalinic sebagai ujung tombak serangannya.

Permainan keras langsung ditunjukkan kedua tim pasca wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Baru empat menit berjalan, wasit sudah harus merogoh kartu kuning dan memberikannya kepada Raul Albiol dan Nikola Kalinic. Napoli akhirnya unggul terlebih dahulu melalui tendangan spektakuler yang dilepaskan oleh Lorenzo Insigne pada menit ke-24. Skor 1-0 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Fiorentina langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Mereka pun akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui tendangan bebas Federico Bernadeschi pada menit ke-51. Napoli pun langsung bereaksi dengan kembali memimpin keadaan pada menit ke-68 melalui Dries Mertens. Namun Fiorentina tak mau kalah, hanya satu menit berselang mereka kembali berhasil menyamakan skor menjadi 2-2, yang lagi-lagi diciptakan oleh Bernadeschi.

Fiorentina bahkan berbalik unggul pada menit ke-82 melalui Mauro Zarate. Hingga akhirnya drama pun terjadi di penghujung laga. Mertens yang mencoba berakselerasi, dijatuhkan oleh Carlos Salcedo di kotak terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih, dan eksekusi penalti Manolo Gabbiadini akhirnya membuyarkan kemenangan Fiorentina yang sudah di depan mata.

Selepas laga, pelatih Napoli, Maurizio Sarri, lagi-lagi menyoroti mental bertanding anak asuhnya yang dinilai masih perlu ditingkatkan. Ia pun mengungkapkan terima kasihnya kepada Gabbiadini yang mampu menghindarkan mereka dari kekalahan.

“Manolo (Gabbiadini) menjadi pemain yang dapat diandalkan, karena ia tetap bisa tenang dalam menghadapi situasi seperti ini. Ketika Fiorentina menyamakan angka menjadi 2-2, itu menjadi sulit karena mereka semakin bersemangat.”

“Mereka (tim) sebetulnya bermain baik, tetapi seperti masalah yang sering terjadi, kami perlu meningkatkan kualitas mental bertanding, karena dengan performa yang seperti ini, kita berisiko untuk kehilangan poin,” ungkap Sarri seperti yang dikutip Football Italia.

Sementara, Dries Mertens, yang kembali mencetak gol, menyayangkan kegagalan timnya yang telah membuang kesempatan untuk memenangi pertandingan.

“Sayangnya gol yang saya cetak tidak cukup membawa tim untuk meraih kemenangan. Kami bermain baik malam ini, bahkan dalam kondisi lapangan yang buruk. Kami telah memberikan yang terbaik, dan andai Piotr Zielinski berhasil memanfaatkan kesempatan yang akan membawa kami unggul 2-0 terlebih dahulu, itu pasti akan membuat permainan menjadi berbeda.”

“Fiorentina berhasil menyamakan kedudukan, dan kemudian mereka memainkan operan-operan yang baik. Kami memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan di sini. Itu sungguh disayangkan,” cetus pemain yang berhasil mencetak delapan gol dari tiga laga terakhirnya ini, seperti yang dikutip oleh Football Italia.

Dengan hasil ini, tidak ada perubahan yang terjadi terhadap kedua tim di papan klasemen. Napoli masih berada di posisi tiga dengan poin 35 di bawah Juventus dan AS Roma. Sementara Fiorentina masih tertahan di posisi ke sembilan dengan poin 27.

foto: sscnapoli.it

Komentar