RB Leipzig Akhirnya Menderita Kekalahan

Berita

by Redaksi 27

Redaksi 27

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

RB Leipzig Akhirnya Menderita Kekalahan

Dalam lanjutan Bundesliga splieltag 14, secara mengejutkan RB Leipzig harus menderita kekalahan pertamanya dari kesebelasan papan bawah, FC Ingolstadt 04. Akibat dari kekalahan ini, Leipzig harus merelakan puncak klasemen kepada Bayern Muenchen yang pada pertandingan lainnya berhasil mengalahkan Wolfsburg dengan skor telak 5-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di kandang Ingolstadt, Audi-Sportpark, Leipzig harus menderita kekalahan 1-0. Gol Ingolstadt diciptakan oleh bek mereka, Roger, memanfaatkan tendangan bebas Anthony Jung pada menit ke-12.

Pada pertandingan ini sebenarnya Leipzig sangat dominan, hal ini terbukti dengan penguasaan bola yang merek miliki sebanyak 70% berbanding 30% punya Ingolstadt. Serta melakukan 13 tendangan berbanding empat tendangan punya Ingolstadt.

Tetapi sayangnya peluang-peluang yang berhasil mereka ciptakan tidak satu pun berbuah jadi gol. Buruknya penyelesaian akhir dari para pemain Leipzig menjadi salah satu penyebabnya.

Kemenangan pada pertandingan ini sekaligus menjadi kemenangan kandang pertama bagi Ingolstadt pada musim 2016/2017 ini. Hal ini semakin indah karena kemenangan tersebut diraih atas kesebelasan yang dilatih oleh mantan pelatih mereka, Ralph Hasenhuettl.

Pada konferensi pers setelah pertandingan, pencetak gol satu-satunya pada pertandingan ini, Roger menyatakan bahwa ia senang dengan golnya tetapi tiga lebih penting baginya. Menurutnya, kemenangan ini berhasil diraih berkat perjuangan keras rekan-rekan setimnya.

"Saya senang dengan gol saya, tapi tiga poin lebih penting. Kami benar-benar memotivasi diri kami di ruang ganti dan ingin mengalahkan pimpinan liga, itulah yang kami lakukan," ujarnya seperti yang dikutip oleh laman resmi Bundesliga.

"Kami berangkat ke pertandingan dengan penuh keyakinan dan tahu bahwa walaupun berada pada posisi bawah di liga, kami akan tetap berjalan dan berjuang sampai kami turun. Kami menunjukkan itu selama 95 menit dan pada akhirnya kami mendapatkan hadiahnya. Saya ingin berterima kasih kepada semua pemain, pelatih, fans dan setiap Schanzer! Kami akan terus memberikan segalanya! "

Hal ini juga diakui oleh pelatih Ingolstadt, Maik Walpurgis, yang mengatakan bahwa kemenangan ini sangat penting bagi mereka karena menjadi kemenangan kandang pertama.

"Kesebelasan ini meraih kemenangan ini melalui komitmen, semangat dan juga cara mereka menduduki ruang," ujarnya seperti yang dikutip oleh laman resmi Bundesliga. "Itu benar-benar penting bagi kami, sebuah kemenangan kandang pertama. Saya senang untuk fans, yang selalu berada di belakang kami dan membuat stadion penuh."

Sementara itu pelatih RB Leipzig, Ralp Hasenhuettl mengatakan bahwa kekalahan ini tidak akan menjatuhkan mental mereka. Hasenhuettl juga memuji penampilan Ingolstadt.

"Kami memiliki babak pertama yang buruk," ujarnya seperti yang dikutip oleh laman resmi Bundesliga. "Ingolstadt bermain dengan hati dan semangat serta memaksa gaya bermain mereka kepada kami. Kami tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk melakukan serangan balik dan nyaris tidak menciptakan peluang apapun. Itu terlalu sedikit."

"Kami melakukan yang lebih baik setelah istirahat dan mendapatkan tiga peluang fantastis, namun bola seperti tidak ingin masuk ke dalam gawang. Itu sudah jelas bahwa kami akan memiliki pertandingan seperti hari ini, tetapi itu tidak akan menjatuhkan mental kami," tambahnya.

Menarik untuk ditunggu, apakah ucapan Hasenhuettl akan terbukti atau tidak pada dua laga selanjutnya yang akan dijalani oleh RB Leipzig. Pada dua laga selanjutnya, Leipzig akan menghadapi dua kesebelasan yang menjadi pesaing mereka di papan atas yaitu Hertha Berlin dan Bayern Munich.

foto : bundesliga.com

Komentar