Indonesia Tanpa Duet Bek Tengah Andalan di Semifinal AFF 2016?

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Indonesia Tanpa Duet Bek Tengah Andalan di Semifinal AFF 2016?

Indonesia berhasil lolos ke Semifinal Piala AFF 2016 setelah menang dramatis atas Singapura dengan skor 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11). Kemenangan dramatis itu berhasil diraih setelah Indonesia tertinggal terlebih dahulu melalui gol Khairul Amri pada menit 27. Kemudian Indonesia berhasil membalikkan kedudukan melalui gol Andik Vermansah pada menit 62 dan Stefano Lilipaly pada menit 85. Kemenangan itu memberikan Indonesia tiga poin dan menempati peringkat dua klasemen akhir grup A AFF 2016 di dengan torehan empat angka.

Torehan poin itu berada di atas tuan rumah Filipina dengan koleksi dua angka. Sementara Indonesia tertinggal lima poin dari Thailand yang memuncaki klasemen akhir. Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam yang kemungkinan besar memuncaki klasemen akhir grup B.

Baca juga: Kemungkinan Kandang Indonesia di Semifinal Piala AFF 2016

Tapi tim nasional besutan Alfred Riedl ini akan timpang ketika melawan Vietnam nanti. Sebab dua bek tengah andalan Indonesia dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Fachrudin Aryanto dan Rudolf Yanto Basna mendapatkan kartu kuning pertamanya ketika menghadapi Filipina di partai ke dua grup A. Kemudian mereka berdua sama-sama mendapatkan kartu kuning lagi pada pertandingan melawan Singapura.

Jika mengacu pada laman Piala AFF 2016 di Wikipedia, pemain dengan dua kartu kuning akan mendapatkan akumulasi kartu. Maka jika ini benar, Fachrudin dan Yanto akan absen pada laga semifinal pertama.

Padahal kedua bek tengah itu selalu diandalkan Riedl sejak AFF 2016 dimulai, bahkan sejak uji tanding menghadapi Malaysia. Keduanya selalu dimainkan sejak pertandingan di mulai dan belum pernah digantikan di Piala AFF kali ini. Fachrudin dan Basna merupakan pemain dengan menit bermain terbanyak jika dihitung sejak pertandingan uji tanding melawan Malaysia.

Sementara itu, Fachrudin juga turut menyumbang satu gol saat Indonesia menghadapi Filipina. Ia menjadi pemain Indonesia ke-50 yang berhasil mencetak gol di ajang Piala AFF.

Indonesia memiliki beberapa pemain yang bisa mengisi absensi duet Fachrudin dan Basna. Riedl masih memiliki Gunawan Dwi Chayo, Hansamu Yama dan Manahati Lestusen. Tapi di antara ketiganya, hanya Manahati yang pernah mencicipi permainan sepanjang Piala AFF 2016.

Tapi Manahati pun tidak dimainkan sebagai bek tengah selama bermain di Piala AFF ini. Ia bermain ketika menghadapi Singapura menggantikan Benny Wahyudi di posisi full-back kanan. Sebelumnya, Manahati pernah dimainkan sebagai full-back kanan ketika partai uji coba melawan Myanmar. Tapi bukan tidak mungkin Manahati akan dipilih Riedl untuk mengisi salah satu kekosongan Fachrudin maupun Basna karena lebih berpengalaman di antara bek tengah lain yang tersisa.

Sementara satu slot kosong lagi akan diperebutkan Gunawan atau Hansamu. Namun Gunawan kemungkinan akan menjadi pilihan utama. Ia pernah membawa Indonesia ke Final Sea Games 2011. Gunawan juga pernah membawa Sriwijaya FC menjuarai Indonesia Community Shield dan Inter Island Cup 2010. Bahkan, ia merupakan bek tengah yang cukup produktif mencetak gol. Dari 21 laganya bersama Persija Jakarta, Gunawan sudah menjaringkan empat gol ke gawang lawan.

Menurut kalian, siapa yang layak bermain sebagai bek tengah Indonesia di semifinal nanti? Hansamu Yama, Gunawan Dwi Cahyo atau Manahati Lestusen?

Komentar