Hah, Barcelona Incar Glen Johnson?

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Hah, Barcelona Incar Glen Johnson?

Glen Johnson sempat dipanggil kembali ke skuat Tim Nasional (timnas) Inggris oleh Gareth Southgate yang kini menjadi caretaker. Tapi posisinya digantikan Michael Keane karena Johnson tiba-tiba mendapatkan cedera.

Tapi kabar mengejutkan tentang Johnson bukan karena cedera yang ia derita. Kabar itu bukan karena kondisi cedera yang dialami full-back kanan Stoke City tersebut. Kabar mengejutkan tentang dirinya datang dari beberapa media Inggris yang menyebutkan bahwa ia sedang berada di dalam incaran Barcelona para bursa transfer Januari 2017.

Niatan Barcelona itu karena mencari full-back kanan baru sejak kepergian Dani Alves. Aleix Vidal yang menggantikannya dianggap tidak memuaskan Luis Enrique selaku pelatih. Sementara Sergi Roberto dipaksakan bermain sebagai full-back kanan walau bisa bermain cukup baik. Bahkan Enrique sempat menginstruksikan Javier Mascherano menjadi full-back kanan. Biasanya, ia bermain sebagai gelandang bertahan atau bek tengah.

Johnson pun terlihat antusias jika serius dipinang Barcelona. Apalagi kabarnya, kontrak pemain 32 tahun itu tidak akan diperpanjang Stoke dalam jangka panjang. Sekarang, Johnson sendiri sedang fokus memulihkan cederanya terlebih dahulu. Dan jika resmi pindah ke Barcelona, ia akan bertemu kembali dengan Luis Suarez yang menjadi penyerang andalan di sana.

Johnson dan Suarez memiliki pertemanan yang dekat ketika masih berkarir di Liga Primer Inggris. Suarez pun memuji Johnson di dalam buku otobiografi buatannya yang berjudul Crossing the Line pada November 2014 lalu, "Dia (Johnson) membuat saya sangat terkesan. Dia memiliki kombinasi kekuatan fisik, power, kecerdasan dan teknis. Dia begitu baik meskipun kaki kanannya tidak lebih baik dari kaki kirinya," tulis Suarez seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain Johnson, Barcelona juga mengincar banyak full-back kanan dari kesebelasan lain. Mereka mengincar Antonio Valencia, Bacary Sagna, Branislav Ivanovic, Darijo Srna, Pablo Zabaleta dan Stephan Lichsteiner. Tapi Johnson dianggap pemain yang paling murah dibanding full-back incaran lainnya.

Akan menjadi sebuah kejutan jika Johnson, yang saat ini berusia 32 tahun, direkrut Barcelona. Isu ini bisa jadi bukan isapan jempol belaka mengingat di masa lalu Barca pun pernah merekrut Edgar Davids dan Henrik Larsson ketika keduanya sudah berusia di atas 30 tahun.

Akan tetapi tetap saja, akan menjadi sebuah kemunduran bagi Barca jika isu ini benar adanya, terlebih di awal musim mereka melepas salah satu bek kanan andalan mereka, Daniel Alves, ke Juventus. Mereka pun harusnya memiliki pemain-pemain muda berkualitas dari akademi La Masia untuk menyiapkan pemain matang dari akademi di masa depan.

Sumber lain: ESPN FC, Metro, Mirror.

Komentar