(31 Agustus) Terciptanya Rekor 40 Tendangan Penalti

Backpass

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

(31 Agustus) Terciptanya Rekor 40 Tendangan Penalti

Pada 31 Agustus 2005, Turnbridge Wells FC dan Littlehampton Town FC memecahkan rekor 40 tendangan penalti dalam babak adu penalti di ajang Piala FA. Jumlah ini menjadi jumlah tendangan terbanyak se-Inggris dalam babak adu penalti, memecahkan rekor sebelumnya yang hanya berjumlah 24 tendangan dalam sekali babak adu penalti, atau hampir dua kali lipatnya.

Rekor ini terjadi dalam babak penyisihan Piala FA. Sebelumnya, kedua tim bertemu di kandang Littlehampton. Pertandingan berakhir seri 1-1 ketika itu sehingga harus diadakan pertandingan ulang di kandang Wells, Culverden Stadium. Dalam pertandingan waktu normal dan babak perpanjangan waktu, skor masih tetap seri, kali ini 2-2.

Skor 2-2 ini memaksa pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Kelima penendang pun dipilih, dan hasilnya masih saja sama kuat karena kelima penendang tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berlanjut ke babak adu penalti sudden death, akhirnya Wells pun mampu meraih kemenangan atas Littlehampton dengan skor 16-15.

Hal yang cukup disayangkan adalah, tidak banyak orang yang menyaksikan terciptanya rekor ini. Culverden Stadium yang berkapasitas 3.750 orang (250 tempat duduk) hanya didatangi oleh 122 orang. Sungguh, beruntunglah 122 orang yang menyaksikan terciptanya rekor yang bersejarah ini.

Hasilnya, Wells pun berhasil melaju ke babak selanjutnya. Namun, di sini mereka tidak lagi melanjutkan rekor, melainkan dikalahkan oleh Metropolitan FC dengan skor 2-0.

foto: Wikimedia

Komentar