Robbie Keane Pensiun dari Kesebelasan Negara Irlandia

Berita

by redaksi

Robbie Keane Pensiun dari Kesebelasan Negara Irlandia

Pertandingan menghadapi Oman akan menjadi pertandingan internasional terakhir Robbie Keane bersama Republik Irlandia. Mantan pemain LA Galaxy ini mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari timnas pada Rabu (24/8) kemarin.

Bersama Republik Irlandia, Keane mencatatkan 145 penampilan dengan mencetak 67 gol. Capaian tersebut diraihnya setelah 18 tahun berkarier bersama Irlandia.

"Hari ini, aku mengumumkan keputusanku untuk pensiun dari sepakbola internasional setelah pertandingan mendatang menghadapi Oman pada 31 Agustus di Aviva Stadium," kata Keane yang juga menjabat sebagai kapten timnas. "Ini adalah perjalanan yang indah buatku untuk bisa bermain bersama timnas Irlandia untuk lebih dari 19 tahun sejak aku memulai debut internasional pada 1998."

Keane mengaku menikmati semua yang telah ia jalani. Ia pun menyebut bisa bermain untuk timnas adalah sebuah kehormatan yang begitu besar baik untuk dirinya maupun keluarga. Terlebih, ia diplot menjadi kapten selama 10 tahun terakhir.

"Sebagai anak muda yang tumbuh di Dublin dengan bermain sepakbola di jalanan, aku tak pernah bisa membayangkan jalan hidup yang aku ambil. [Bahkan] Ini sangat melampaui mimpi terliarku," kata Keane dikutip dari BBC.

Keane sendiri memulai debut internasionalnya menghadapi Republik Cheska pada Maret 1998, empat bulan sebelum membawa negaranya menjuarai Piala Eropa U-18. "Aku tak pernah percaya kalau itu semua terjadi bertahun-tahun lalu. Aku telah melalui masa-masa indah dengan timnas dan penggemar selama 18 tahun terakhir, dan kata-kata tidak bisa menggambarkan betapa bangganya aku menjadi seorang Irish," ungkap Keane.

Sementara itu, pertandingan uji tanding menghadapi Oman akan dilakukan Irlandia dengan serius. Sang manajer, Martin O`Neill, turut memanggil John O`Shea yang dikabarkan masih menderita cedera pinggang.

"Kedatangan Oman ke Aviva Stadium mengingatkan kita soal pertandingan di Dublin dua tahun lalu. Pertandingan tersebut dilangsungkan sebelum kita memulai pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa.

Pertandingan ini menjadi sebuah persiapan yang ideal untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia pertama kami menghadapi Serbia di Belgrade beberapa hari kemudian. Pertandingan menghadapi Oman juga memberikan kami kesempatan bermain di depan suporter Irlandia yang meningkatkan reputasi mereka di Prancis [Sepanjang Piala Eropa 2016]."

Komentar