Sulitnya Mencari Bek Kiri untuk Liverpool

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Sulitnya Mencari Bek Kiri untuk Liverpool

Liverpool menanggung malu pada pekan kedua Liga Primer Inggris 2016/2017. Menghadapi kesebelasan promosi, Burnley, kesebelasan berjuluk The Reds ini harus mengakui ketangguhan kubu tuan rumah setelah takluk dengan skor 2-0.

Lini pertahanan skuat besutan Juergen Klopp ini kembali mendapatkan sorotan. Terlebih pada pertandingan pertama menghadapi Arsenal, meski menang, Liverpool kebobolan tiga gol. Total lima gol bersarang ke gawang Simon Mignolet dalam dua laga.

Di lini pertahanan, sisi kiri menjadi sektor yang cukup mengkhawatirkan. Sejak melawan Arsenal, area ini menjadi titik lemah Liverpool. Pada laga melawan Burnley, area ini juga menjadi sumber terciptanya gol kedua Burnley yang diciptakan Andre Gray.

Alberto Moreno yang menempati posisi ini sejak musim lalu memang sudah menunjukkan kelemahannya. Meski kemampuan overlap-nya mampu meningkatkan lini serang Liverpool, namun secara kemampuan bertahan ia tak begitu baik.

Klopp sebenarnya sadar akan hal ini. Ia pun bukan tanpa upaya mendatangkan bek kiri anyar pada bursa transfer musim panas ini,. Dalam skuat Liverpool saat ini memang tak ada pengganti sepadan Moreno pada pos bek kiri, selain memainkan James Milner di area tersebut.

Incaran Klopp awalnya mengarah pada bek kiri timnas Portugal, Raphael Guerreiro. Secara kemampuan, bek berusia 22 tahun ini memang cukup ideal bagi Liverpool. Sebelum Piala Eropa 2016 digelar, Liverpool sebenarnya sudah mencoba untuk meninjau kemungkinan untuk memboyongnya.

Namun Liverpool tak sendirian dalam proses penjajakan terhadap Raphael. Dikabarkan menurut harian Prancis, L`Equipe, Arsenal, Borussia Dortmund dan Barcelona juga tertarik mendapatkan bek yang musim lalu bermain untuk kesebelasan Ligue 1, Lorient. Dortmund kemudian memenangi perburuan terhadap Raphael Guerreiro dan transfer ini sudah dirampungkan ketika Piala Eropa 2016 masih bergulir.

Liverpool masih melakukan perburuan terhadap pemain yang bisa bermain di posisi bek kiri. Nama yang muncul kemudian adalah bek muda milik Leicester City, Ben Chilwell. Pada akhir Juni, Liverpool secara resmi melayangkan tawaran pada Leicester.

Hanya saja tawaran tujuh juta paun dari Liverpool untuk Chilwell ditolak Leicester. Sang manajer, Claudio Ranieri, bahkan menyebutkan bahwa bek berusia 19 tahun ingin dipertahankan dan disiapkan untuk menjadi pesaing Christian Fuchs, bek kiri utama Leicester. Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa Leicester hanya mau melepas Chilwell di angka 10 juta paun.

Ketertarikan Liverpool terhadap Chilwell kemudian lambat laun memudar. Pemberitaan terkait transfer ini pun mulai tenggelam. Di tengah ketidakpastian bek kiri baru Liverpool, salah satu bek kiri incaran Liverpool lain, Jonas Hector, memperpanjang kontraknya di FC Koln. Buruan Liverpool kembali lepas.

Kini L`Equipe menyebutkan jika Liverpool sedang memantau perkembangan bek kiri Olympique Lyon, Jordy Gaspar. Bek berusia 19 tahun ini sebenarnya belum bermain di tim utama Lyon. Hanya saja penampilannya di UEFA Youth League musim lalu cukup mengundang perhatian.

Namun Liverpool pun tak bisa leluasa dalam memantaunya. Kesebelasan Bundesliga, Bayer Leverkusen, dikabarkan tertarik juga untuk memboyongnya. Liverpool perlu khawatir karena saat ini banyak pemain muda yang lebih memilih hijrah ke Bundesliga.

Baca juga: Mengapa Banyak Wonderkid Mendarat di Bundesliga Bukan di Inggris?

Bursa transfer tak lama lagi akan ditutup. Sementara sejauh ini cukup terlihat bahwa sisi kiri Liverpool masih menjadi titik lemah. Liverpool masih belum juga mendapatkan bek kiri untuk menjadi pelapis Alberto Moreno. Para pendukung Liverpool tentunya berharap manajemen Liverpool segera mendatangkan bek kiri anyar agar sisi kiri tak lagi menjadi masalah di musim ini.

Komentar