Luciano Vietto, Penerus Messi yang Diburu Barcelona dan Sevilla

Cerita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Luciano Vietto, Penerus Messi yang Diburu Barcelona dan Sevilla

Luciano Vietto adalah salah satu pemain yang digadang-gadang sebagai penerus Lionel Messi di Argentina. Tapi Vietto mendapatkan menit bermain yang sedikit sejak membela Atletico Madrid pada 2015 lalu. Sejak musim lalu ia cuma diturunkan 19 kali oleh Atletico, sehingga hanya bisa mencetak tiga gol. Berbeda ceritanya dengan musim sebelumnya ketika memperkuat Villareal.

Di Villareal, Vietto bisa mencetak 12 gol dari 32 kali penampilannya di La Liga 2014/2015. Vietto adalah salah satu penyerang muda yang paling menjanjikan di La Liga saat itu. Kesuksesan penampilan dan jumlah gol untuk Villareal menjadikannya sebagai favorit para pendukungnya secara instan.

Tapi ketika mendarat di Atletico, Vietto dianggap gagal beradaptasi dengan metode latihan fisik yang ekstrem ala Diego Simeone. Sempat muncul juga video Simeone mentertawakan perjuangan Vietto setelah latihan berat pada awal musim lalu. Kabarnya ia bahkan sampai tidak bisa membuka tutup botol air minumnya sendiri.

Bahkan kabarnya, mantan pemain Racing Club itu mengalami kenaikan berat badan. Dan kegagalannya beradaptasi membuat Vietto kalah bersaing dengan Antoine Griezman, Yannick Carrasco, dan Fernando Torres, yang telah bangkit. Maka dari itulah Vietto mulai tidak yakin dengan masa depannya di Atletico.

Agen Vietto sempat mengungkapkan bahwa AC Milan, AS Roma, Barcelona, Internazionale Milan, Sevilla, dan Villarreal, sebagai mantan klubnya tertarik kepada Vietto. Tapi sejauh ini baru Barcelona dan Sevilla yang berjuang memperebutkan pemain asal Argentina itu. Barcelona mengincar Vietto karena Nolito, Hatem Ben Arfa, dan Ousmane Dembele, sudah bergabung bersama kesebelasan lain. Sementara itu, klausul pelepasan 40 juta euro untuk membeli Kevin Gameiro dari Sevilla dianggap terlalu mahal.

Ya, Barcelona sedang membutuhkan pemain depan untuk menjadi pelapis trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN). Sebab cederanya di antara para pemain itulah yang dianggap menjadi salah satu kegagalan meraih gelar Liga Champions musim lalu. Luis Suarez, penyerang Barcelona, pun menyarankan agar klubnya merekrut Vietto ketimbang Kevin Gameiro, incaran Barcelona lainnya.

Suarez menyukai gaya permainan Vietto sejak berseragam Villarreal. Harganya pun lebih murah dibanding Gameiro karena Vietto dilabeli Atletico sebesar 20 juta euro. "Dia belum mendapatkan banyak peluang di Atletico, tapi kualitasnya tidak diragukan. Dia adalah pemain yang bisa banyak membantu. Siapapun penyerang yang akan datang akan disambut, karena akan memberikan banyak kontribusi untuk tujuan kita memenangkan gelar," ujar Suarez, seperti yang dikutip dari The Sun.

Kendati demikian, Barcelona tidak akan mudah mendapatkan Vietto karena Sevilla pun serius menjadi lawan perburuannya. Sevilla mengiming-imingi Vietto menjadi pemain utama ketimbang hanya dicadangkan bersama Barcelona. Belum lagi Vietto harus bersaing dengan pemain lain seperti Arda Turan yang ingin bangkit bersama Barcelona. Belum lagi kehadiran Munir El Haddadi yang membutuhkan kesempatan baru di Barcelona. Mungkin Vietto lebih banyak kesempatan untuk unjuk gigi di Copa Del Rey jika bergabung bersama Barcelona, tapi kompetisi itu belum cukup menjadi pembuktiannya nanti.

Alasan itu dijadikan bahan bagi Jorge Sampaoli, Pelatih Sevilla, untuk meyakinkan Vietto. Tapi Barcelona lebih percaya diri mendapatkan Vietto karena Sevilla hanya menginginkan pemain itu dengan status pinjaman, sementara Barcelona siap menebusnya dengan uang yang sedang dibutuhkan Atletico. Sebab, Atletico pun sedang membutuhkan dana segar untuk membeli pemain-pemain baru. Maka dari itulah Atletico akan menjual beberapa pemainnya seperti Oliver Torres, Borja Baston, dan Javier Manquillo.

Selain itu, Vietto adalah penggemar Messi sehingga tertarik bergabung dengan Barcelona. Menjadi cadangan tidak akan menjadi masalah baginya jika mendapatkan banyak ilmu dari Messi. Maka dari itulah Barcelona yakin jika Vietto bisa semakin berkembang jika berhasil mendatangkannya.

Ketika berseragam Villareal, Vietto adalah pemain dengan dribel yang bagus, sanggup melewati banyaknya hadangan bek lawan. Apalagi jika bermain sebagai penyerang tengah, ia akan menjadi sumber sakit kepala pertahanan lawannya. Apalagi dengan kemampuannya untuk menghilang dan muncul di zona berbahaya karena kecepatannya. Vietto adalah penyerang cepat dengan naluri mencetak gol tinggi. Pemain 22 tahun itu tampak sempurna untuk menjadi pengganti trio MSN.

Tapi sejauh ini Barcelona belum melayangkan tawaran resmi untuknya kepada Atletico. "Luciano Vietto adalah pemain Atletico dan pada saat ini kami belum membuat keputusan apapun. Kami belum menerima tawaran dari Barcelona karena kami belum berbicara dengan mereka," beber Enrique Cerezo, Presiden Atletico.

Ia juga menambahkan jika Vietto masih berada di dalam rencana Simeone. "Kami ingin dia tinggal, tapi kami harus melihat bagaimana hal-hal itu berjalan dengan baik. Dia pemain fantastis dengan potensi besar. Aku mencintainya," sambungnnya seperti dikutip AS.

Maka dari itu, Vietto dipersiapkan melakukan tur musim panas ke Australia. Di sisi lain, Sevilla memiliki strategi lain agar memenangkan perburuan Vietto. Mereka akan menggunakan Gameiro sebagai pemulus transfer tersebut karena Atletico mengincarnya. Sevilla sedang mengevaluasi tawaran itu sebelum Barcelona kembali dan menyetujui klausul pelepasan Gameiro. Jika itu terjadi, maka Barcelona bisa kehilangan dua pemain incarannya sekaligus yaitu Gameiro dan Vietto.

Sebagai alternatif, Barcelona mulai mengincar Jonas dari Benfica. Dikabarkan bahwa Barcelona sempat menghubungi saudara Jonas untuk menanyakan situasinya. Tapi yang jelas, ke Barcelona maupun Sevilla sebagai tempat labuhan Vietto, ia akan langsung bersinggungan di Piala Super Spanyol.




Sumber: Bleacher Reports, ESPN FC, Goal, Mundo Deportivo, SB Nation

Komentar