Tumor Tak Hentikan Russ untuk Perkuat Frankfurt

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tumor Tak Hentikan Russ untuk Perkuat Frankfurt

Jika sudah cinta apa saja akan dilakukan. Prinsip tersebut tampaknya bakal dipegang oleh kapten sekaligus bek tengah Eintracht Frankfurt, Marco Russ, yang didiagnosis menderita tumor.

Namun tumor yang ia derita bukan alasan baginya untuk absen membela Frankfurt, ia pun bersikukuh untuk membela kesebelasannya dalam babak playoff degradasi Bundesliga menghadapi Nuremberg, Kamis (19/5) WIB. Keinginan Russ untuk bermain pun disetujui oleh Pelatih Eintracht Frankfurt, Niko Kovac. Ia pun tampil sejak menit pertama.

Dengan tampilnya Russ seharusnya Frankfurt pun bisa menang mudah menghadapi Nuremberg yang berada di posisi ketiga 2.Bundesliga. Tapi sayang, Russ justru menghadiahi Nuremberg sebuah gol bunuh diri pada menit 43. Beruntung, striker Frankfurt berusia 21 tahun, Mijat Gacinovic, mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-65.

Penyakit tumor dalam tubuh Russ memang tidak diketahuinya sejak awal. Ia bahkan tidak menyangka bakal terkena penyakit seperti itu.

Tumor yang berada di dalam tubuhnya bahkan baru diketahui ketika ia menyerahkan sampel urine-nya dalam tes kesehatan rutin yang kerap dilakukan oleh Bundesliga usai pertandingan. Sampel ini ia berikan usai ia membawa Frankfurt mengalahkan kesebelasan rival, Darmstadt, 1-2 pada pekan ke-31 Bundesliga, 30 April lalu.

Dalam sampel yang diberikan oleh Russ, diketahui bahwa ia tengah mengalami peningkatan kadar hormon pertumbuhan HCG. Lembaga anti-doping Jerman, NADA, yang memeriksa sampel Russ bahkan merasa janggal dengan keanehan tersebut. NADA pun meminta Russ untuk melakukan diagnosis medis.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan, Frankfurt juga disebut Bild meminta Russ untuk mengunjungi urologis atau spesialis kandung kemih untuk mengetahui apa yang dialaminya. Sepekan dari urologis, diketahui bahwa ia mengalami penyakit tumor.

Tumor tersebut tidak hanya mengagetkan Russ, tapi juga pihak kesebelasan. Presiden Frankfurt, Heribert Bruchhagen, mengaku kepada Bild bahwa ia menyerahkan semuanya kepada Russ. Kovac selaku pelatih juga dibebaskan untuk memainkan atau membangkucadangkan Russ di laga playoff.

Namun ketidakhadiran Russ di lapangan hanya menjadi gosip. Pemain yang sempat bergabung Wolfsburg ini pada akhirnya tampil di laga playoff pertama usai dokter kesebelasan memperbolehkannya tampil di laga ini.

Russ memang begitu berkeinginan untuk bermain dalam laga tadi malam. Bagaimana tidak, ia memang dikenal dekat oleh Frankfurt karena ia salah satu produk akademi kesebelasan. Hingga musim 2015/16, Russ telah mencatatkan namanya dalam 256 pertandingan bersama kesebelasan berjuluk Die Adler ini.

Komentar